SEKILAS INFO
28-09-2022
  • 1 minggu yang lalu / PAGI ini (Senin, 19 September 2022) Upacara Bendera di lapangan sekolah, pkl 07.00 – ss.
  • 1 minggu yang lalu / Selamat kepada Inaayah Mufidah, siswi kelas XII MIPA 3 atas prestasinya terpilih sebagai Putri Sriwijaya 2022.
  • 1 minggu yang lalu / KELUARGA Besar SMA Xaverius 1 Palembang mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Ibu Theresia Suyanti (Palembang, 16 September 2022), Istri dari Bapak Budiono. RIP Ibu Suyanti.
19
Sep 2022
Study Tour ke Museum dan Monpera

MAYORITAS siswa-siswi kelas XII jurusan IPS (XII IPS 1, 2, dan 3) antusias mengikuti study tour. Kegiatan ini sejalan dengan materi sejarah yang sedang-telah dipelajari. Berikut catatan perjalanan dari salah seorang peserta, Regina Gracia Alexander, siswi kelas XII IPS 1.   

Kegiatan yang kita jalani pada hari Sabtu, 17 September 2022 adalah kegiatan study tour ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera). Hal ini dilakukan untuk mengkaji materi-materi yang sedang kita pelajari pada mata pelajaran kelas XII, yaitu kisah perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan dari bangsa barat beserta peninggalan-peninggalan bersejarah Palembang.

Rajin belajar

Saya sangat terkesan dengan penampilan luar kedua museum ini, karena ini pertama kalinya saya benar-benar melihat kedua museum itu, biasanya saya hanya lewat saja atau melihat dari Google.

Saat saya masuk ke museum SMB II, saya juga terpesona dari pemandu yang membimbing kelompok saya pada saat itu (kelas XII IPS 1 dan kelas XII IPS 2 absen 1-12), kalau tidak salah ingat namanya Abi Sofyan.

Pemandu ini memiliki pengetahuan yang sangat luas mengenai sejarah dan terlihat sangat menghargai peninggalan-peninggalan di sana. Dia pun tidak lupa untuk memberikan kami nasihat untuk senantiasa rajin belajar demi memajukan negeri ini.

Puncak Monpera

Kemudian untuk museum Monpera, walaupun objek sejarah di sana cenderung lebih banyak, tetapi saya (dan beberapa teman-teman lain juga) tidak begitu fokus memerhatikan karena tempatnya yang cukup sempit dan gelap.

Baca juga: SMA Xaverius 1 Palembang: Sekolah Memfasilitasi PTM Terbatas

Namun pengalaman yang paling menarik dari Monpera adalah diberikannya kesempatan kepada pengunjung untuk naik ke puncak Monpera sehingga kita bisa melihat penampakan Ampera dan Sungai Musi dari jauh. Sedikit sulit untuk menaikki puncaknya, namun sangat layak untuk dicoba karena pemandangannya yang bagus serta suasananya yang sejuk.** (Ignas)

Guru pendamping, Pak Oscar, Janice dan Echa.

Baca juga: Para Pemenang Lomba HUT RI Ke 76: Terima Kasih Atas Partisipasinya

Kategori

Agenda