SEKILAS INFO
20-01-2022
  • 4 bulan yang lalu / Penerimaan siswa-siswi baru SMA Xaverius1 Palembang Jalur PMK akan di buka Tgl 1 September – 30 September 2021, ayo silahkan bergabung dan segera daftar secara online melalui situs resmi ppdb SMA Xaverius 1 : ppdb.smaxaverius1.sch.id
  • 4 bulan yang lalu / Penerimaan siswa-siswi baru SMA Xaverius1 Palembang Jalur PMK akan di buka Tgl 1 September – 30 September 2021, ayo silahkan bergabung dan segera daftar secara online melalui situs resmi ppdb SMA Xaverius 1 : ppdb.smaxaverius1.sch.id, atau bisa melalui klik link di menu¬† Portal SMA Xaverius 1 website ini.
26
Nov 2021
Trik Menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS)

BANYAK trik menghadapi penilaian akhir semester (PAS). Untuk mendapatkan nilai yang maksimal maka perlu mencatat ringkasan, mengatur waktu dan mencari atau menonton info dari youtube. Berikut sharing pengalaman beberapa rekan kita saat ditanya (Kamis, 25 November 2021) sore.

Buat ringkasan

Kalau untuk saya pribadi persiapan PAS ini harus pintar-pintar membagi waktu. Selanjutnya materi dari guru-guru harus dicatat dan dibuat ringkasan. Jika guru belum memberi materi, bisa kita pelajari lewat sumber lain, dari bimbel hingga youtube.

Pascal Rangga Prasetya/ XII MIPA 6

Tips dari youtube

Biasanya saya akan mencari cara-cara baru dalam belajar. Saya pribadi terkadang cepat jenuh atau bosan kalau terus-terusan belajar dengan teknik yang sama selama bertahun-tahun.

Jadi, saya biasanya akan menonton youtube untuk mencari tips belajar baru. Jika tips tersebut dirasa cocok dan bisa diterapkan dengan cara yang sederhana maka cara tersebut akan saya gunakan.

Melina Vaniatan/ XII IPS 2

Banyak membaca

Sejauh pengalaman saya dalam menghadapi ujian (PAS) adalah dengan mempelajari hal-hal dasar dalam buku catatan/dari materi yang disampaikan guru. Selanjutnya saya memperdalam materi tersebut dengan latihan soal dari buku paket, sumber internet, dan sebagainya.

Untuk mata pelajaran yang materinya perlu untuk dipahami dan diingat maka saya menghadapinya dengan banyak membaca bahkan menghapal. Sedangkan untuk materi yang butuh pemahaman, logika, dan rumus berhitung saya menghadapinya dengan banyak menggunakan konsep ataupun rumus sehingga lambat laun pasti konsep tersebut dapat teringat dengan baik.

Grace Anastasya Aulia/ XII MIPA 5

Agar tidak keteteran

Saat menghadapi PAS, selain bersyukur dan berdoa, saya selalu belajar dengan sungguh-sungguh.

Saya belajar dengan sungguh-sungguh dan juga selalu memperhatikan guru yang menjelaskan materi baik itu secara online ataupun offline. Dengan memperhatikan guru, saya bisa menangkap dan merekam materi yang diberikan sehingga saat akan menghadapi ulangan PAS kita tidak keteteran.

Salah satu contoh membuat ringkasan (Pascal)

Jadi, saya harus mengulangi materi yang telah saya pelajari sebelumnya. Hal ini dimaksud untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan bagi saya.

Lagi pula, pada kelas 12 semester 1 ini merupakan semester penentu untuk masuk ke universitas pilihan saya. Jadi, saya harus sungguh-sungguh dalam belajar disertai doa.

Shela/ XII MIPA 7