SEKILAS INFO
01-03-2024
  • 9 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Rabu, 1 November 2023 s.d. Rabu, 31 Januari 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
29
Sep 2022
Projek Pertama, Nitha: Pemilihan Duta Lingkungan yang Memakai Pakaian Unik

MULAI hari ini, Kamis (29 September 2022) siswa-siswi kelas X 1-8 mulai dengan tema projek kedua yakni kewirausahaan. Sedangkan tema projek pertama tanggung jawab, para peserta didik telah memulai selama lebih kurang dua bulan sejak awal semester ganjil ini. Puncak pameran karya terkait tema satu pada Jumat, 23 September 2022.

Nithasari Wandijaya, siswi kelas X.5 yang bercita-cita menjadi dokter ini berhasil diwawancarai berkaitan dengan tema pertama. Menurut Nitha yang suka melukis ini salah satu hal yang diminta dari setiap peserta didik adalah kreativitas, antara lain diperlihatkan ketika pemilihan duta lingkungan.

Baca juga: Keterampilan Mengolah Sampah

Niitha, apa tema projek pertama?

“Sampahku, tanggung jawabku”. Pada tema ini, memfokuskan pada pengolahan sampah organik dan sampah anorganik. Pengolahan ini bertujuan agar setiap sampah dapat dimanfaatkan menjadi suatu barang yang berguna.

Dalam proses penyelesaian projek pertama, menurut Nitha hal apa yang berkesan?

Hal yang paling berkesan dalam projek pertama ini adalah saat sampah yang kami olah pada rencana awal tidak berhasil karena kesalahan pembuatan. Namun, pada rencana kedua produk kami dapat berhasil dan memberikan rasa puas pada diri kami masing-masing.

Hal tersebut menjadi suatu peristiwa yang paling berkesan bagi saya karena pada peristiwa tersebut, setiap siswa-siswi dalam kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan masalah tersebut dan berusaha untuk mencari jalan atau alternatif lain.

Sejauh Nitha rasakan, apa tantangan atau kesulitan dalam penyelesaian projek pertama?

Kesulitan dalam penyelesaian projek 1 ini adalah tantangan dalam mencari ide produk yang akan dibuat sehingga dapat menarik di kalangan umum, lalu terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam memberikan pendapat, dan kurang ikut bekerja sama dalam proses pembuatan produk.

Apa komentar Nitha atas puncak pameran produduk, Jumat, 23 September 2022 di in door?

Puncak pameran produk yang diadakan sangat menarik untuk diikuti karena terdapat berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah acara pemilihan duta lingkungan.

Dalam acara tersebut, setiap peserta akan menampilkan berbagai kreativitas dari setiap kelas. Kreativitas yang ditampilkan yaitu berupa pakaian ataupun properti yang digunakan. Setiap peserta dari setiap kelas menggunakan pakaian yang unik karena dibuat dari sampah-sampah non-organik.

Selain itu, terdapat pertanyaan- pertanyaan yang harus dijawab untuk terpilih menjadi duta lingkungan.

Pada akhir acara, kita juga bisa mengunjungi stan produk-produk yang berasal dari kelas lain. Kita dapat menanyakan bagaimana produk tersebut dibuat, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Apa harapan Nitha agar projek kedua bisa berjalan dengan baik?

Harapan saya adalah semoga para siswa-siswi yang pada projek pertama masih belum aktif atau belum terlalu terlibat, dapat lebih mengaktifkan diri dan lebih fokus pada projek kedua ini.

Lalu, semoga kreativitas para siswa dapat tersalurkan dengan baik di projek ini dan juga semoga setiap produk yang akan dibuat dan dipasarkan pada projek kedua ini dapat berjalan dengan lancar.***

Data Nitha:

  • Nama lengkap: Nithasari Wandijaya
  • Nama panggilan: Nitha
  • Hobi: Melukis
  • Cita-cita: Dokter
  • Kelas: X.5
  • Sekolah asal:
    • TK: TK Xaverius 1 Palembang
    • SD: SD Xaverius 1 Palembang
    • SMP: SMP Xaverius Maria Palembang.

Baca juga: 2 Jam bersama Siswa-siswi SMP Xaverius Maria Palembang, Violent: Guru-gurunya Ramah

Baca juga: Jadikan Sekolah Tempat yang Nyaman bagi Warga Sekolah