SEKILAS INFO
01-03-2024
  • 9 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Rabu, 1 November 2023 s.d. Rabu, 31 Januari 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
1
Agu 2023
Puteri Belia Indonesia 2023, Delvina: Raihlah Mimpi dengan Belajar, Berusaha dan Berdoa

DELVINA Alvianto merupakan peraih Puteri Belia Indonesia 2023. Anak ke 3 dari 3 bersaudara ini adalah siswi kelas XII MIPA 6 SMA Xaverius 1 Palembang.

Berkaitan dengan prestasi yang telah diraihnya sebagai Puteri Beliau 2023 di Bandung (30 Juni – 2 Juli 2023), Delvina yang bercita-cita menjadi dokter gigi bersedia untuk diwawancarai.

Mengapa (alasan-alasan) Delvina mengikuti lomba Puteri Belia Indonesia, selanjutnya ditulis PBI?

Alasan saya mengikuti lomba ini karena sejak saya masih kecil, saya sering sekali menonton televisi bersama keluarga saya ( khususnya bersama nenek saya). Pada saat itu kami menonton ajang pemilihan “Puteri Indonesia” dan dari situ saya bermimpi agar suatu saat nanti saya juga bisa menjadi seorang Puteri dan mengharumkan nama Sumatera Selatan.

Apa saja syarat minimal mengikuti ajang PBI?

Syarat untuk mengikuti ajang pemilihan Puteri Belia Indonesia cukup banyak namun yang paling utama adalah 3B yaitu Beauty, Brain, and Behavior. Yang berarti kecantikan itu tak cukup hanya dengan kecantikan fisik semata, melainkan sebagai seorang puteri juga harus memiliki wawasan yang luas dan attidue (inner beauty) yang baik.

Orang-orang terdekat Delvina yang mendukung dalam ajang PBI dan apa bentuk dukungan mereka?

Ada banyak sekali orang yang mendukung saya dalam mengikuti ajang ini terutama kedua orang tua saya. Mereka selalu mensupport serta mendoakan saya tanpa henti dan memfasilitasi saya dengan memberikan kursus modelling, public speaking, catwalk dan sebagainya. Sehingga dengan mengikuti pelatihan demi pelatihan tersebut diharapkan kemampuan saya semakin berkembang dan saya dapat memberikan performa yang lebih baik.

Apa saja kesan selama persiapan lomba?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa saya telah mempersiapkan diri saya sebelum mengikuti ajang ini sekitar 6-8 bulan bersama coach modelling saya. Jadi setiap pulang sekolah saya masih harus mengikuti kursus modelling, public speaking dan sebagainya.

Jujur saja hal tersebut sangat melelahkan bagi saya karena saya pulang sekolah saja sudah sore belum lagi ditambah dengan les bimbel, les bahasa Inggris, kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, mengerjakan tugas, melakukan kegiatan sosial dan sebagainya.

Tapi semua itu dapat teratasi dengan cukup baik karena saya diajarkan bagaimana cara untuk membagi waktu secara efisien. Lalu sebulan mendekati lomba saya juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan mulai dari fitting baju, sepatu, dan sebagainya bersama coach saya. Serta saya juga harus menjaga pola makan dan melakukan gym seminggu 2 kali.

Selama lomba hal apa saja yang berkesan?

Hal yang berkesan bagi saya selama lomba adalah ketika saya bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia. Saya dapat melatih kemampuan public speaking saya untuk berbicara di depan orang banyak dan disana kami juga melakukan sesi photoshoot yang dapat  melatih kepercayaan diri saya serta menambah pengalaman saya dalam hal tersebut.

Bagaimana hasil yang dicapai oleh Delvina dalam lomba Puteri Belia Indonesia tahun 2023?

Puji Tuhan saya berhasil mendapatkan juara 1 sehingga saya berhasil menyandang gelar sebagai Puteri Belia Indonesia 2023.

Apa tantangan dalam persiapan dan pelaksanaan ajang PBI ini?

Tantangan dalam persiapan dan pelaksanaan ajang ini adalah bagaimana caranya agar dapat membagi waktu dengan sebaik mungkin antara sekolah dengan kegiatan diluar sekolah.

Apa harapan kedepan dengan prestasi yang telah diraih ini?

Sebagai Puteri Belia Indonesia 2023, saya berharap saya dapat memberikan contoh ataupun kontribusi yang baik untuk anak-anak muda terkhusus seluruh perempuan di Indonesia. Sebagai generasi muda, jangan pernah takut untuk bermimpi karena selama kita mau belajar, berusaha dan berdoa pasti suatu saat kita bisa meraih impian kita.

Itulah hasil wawancara singkat dengan Delvina. Semoga pengalaman ini sangat mengilhami rekan-rekan remaja puteri.*** Ignas