SEKILAS INFO
17-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
17
Mar 2021
Menuju Taman Sekolah yang Semakin Asri

PIHAK sekolah kita mendatangkan tenaga profesional dalam menata taman-bunga. Mereka telah dan sedang bekerja sejak beberapa hari yang lalu.

Sejak pagi hingga sore mereka bekerja. Ada yang memangkas. Ada yang membongkar bunga yang sudah ada selama ini. Ada yang menggali tanah. Ada yang memindahkan pot yang satu ke pot bunga yang lain.

Ada juga yang memindahkan jenis bunga tertentu ke tempat atau lokasi yang lebih cocok. Juga, ada petugas dengan gerobak dorongnya mengangkut tanah.

Mereka juga mendatangkan jenis dan bibit bunga yang baru. Namun, ada juga jenis bunga yang lama hidup di sini, taman tengah halaman sekolah, yang harus dipangkas dan dibuang.

Suatu siang, salah seorang tenaga profesional bercerita. Jenis bunga yang ini, sambil menujukkan jenis bunga tertentu, tidak cocok ditanam di sini, karena kurang mendapat sinar matahari.

Jenis bunga yang itu kurang pas ditanam di sana karena pohon-pohon terlalu rindang, dan sebagainya. Saya hanya mengangguk tanda setuju dengan penjelasannya.

“Apakah Pak tahu jenis bunga yang ini dan itu harganya mencapai ratusan ribu rupiah?” tanya pekerja tersebut kepada saya. Saya jawab “tidak tahu”.

Ia melanjutkan dan menyebutkan 4 jenis bunga dengan kisaran harganya masing-masing di pasaran. Ada yang harganya Rp 150.000. Yang itu sekitar Rp 300.000. Yang di sana sekitar Rp 400.000, dan bahkan ia menujuk salah satu bunga dekat atrium harganya sekitar Rp 750.000.

Saya terkejut dan heran sambil menyetujui dan mengikuti penjelasannya.

Semakin menarik

Jika nanti sudah jadi taman sekolah SMA Xaverius 1 ini, saya yakin taman sekolah kita pasti semakin menarik, asri dan menyenangkan, gumam saya dalam hati.   

Salah satu ciri khas halamam tengah sekolah kita adalah areal tanaman yang luas dan rindang. Kerindangan ini membawa keteduhan bagi segenap warga sekolah dan tamu yang masuk kompleks sekolah kita.

Taman sekolah yang ditumbuhi pohon-pohon yang tinggi dan rindang (misalnya durian, mangga yang pada musimnya berbuah) pasti membawa kesejukkan. Kini, buah-buah mangga sudah mulai dipanen dan beberapa waktu lalu buah durian sudah dinikmati. Mantaplah.

“Di tengah taman ini nanti, kita buatkan tempat untuk duduk santai-belajar atau baca-baca buku. Bisa berjalan di taman dengan tidak menginjak rumput sehingga rumputnya tidak rusak”, jelas pekerja taman sambil menujukkan contoh taman dari hp-nya.

Keteduhan, kesejukkan, dan kenyaman itulah akan sangat membantu dalam proses pembelajaran yang menyenangkan. ** (Ignas Iwan Waning)