SEKILAS INFO
30-11-2022
  • 1 bulan yang lalu / FORXA (Fun Work with Xaverius One) mengadakan market day dan aneka lomba (Jumat-Sabtu, 14-15 Oktober 2022) di Lapangan dan kelas-kelas SMA Xaverius 1 Palembang. Hadir dan saksikanlah!
  • 1 bulan yang lalu / EKSPO Perguruan Tinggi dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022.
  • 2 bulan yang lalu / Projek Pertama, Nitha: Pemilihan Duta Lingkungan yang Memakai Pakaian Unik
3
Sep 2022
Lomba Menggambar, Nathan: Suka Menggambar Sejak Kecil

NATHAN pemilik nama lengkap Cornelius Nathan K. Nathan mewakili sekolahnya, SMP Xaverius Maria mengikuti lomba menggambar peristiwa Kitab Suci.

Panitia lomba menggambar peristiwa Kitab Suci telah menetapkan beberapa tema yang hendak digambar oleh para peserta, antara lain Yesus di Salib, Orang Samaria yang baik hati, Lazarus yang bangkit, Raja Salomo yang bijaksana, dan sebagainya, tutur Nathan saat diwawancara singkat di ruang guru SMA Xaverius 1 Palembang.

Dari tema-tema itu, Nathan, siswa kelas VIII E ini mendapat undian tema tentang Yesus di Salib. Nathan, salah satu dari tiga perwakilan peserta lomba menggambar dari SMP Xaverius Maria Palembang.

“Saya senang karena saya mendapat juara 1 dalam lomba menggambar peristiwa Kitab Suci ini”, ucap Nathannya dengan tenang.

Selain senang mendapat juara 1, Nathan mengaku gembira bahwa OSIS/PPSK (Perhimpunan Pelajar Sekolah Katolik) SMA Xaverius 1 Palembang mengadakan lomba ini karena sudah lama Nathan tidak mengikuti lomba.

Baca juga: Para Pemenang Lomba BKSN 2022

Senang rasanya bisa dipilih oleh pihak SMP-nya menjadi peserta lomba menggambar. Pak Revi, selaku guru Seni Budaya kesulitan mencari dan menentukan peserta lomba ini. Kesulitan guru Seni Budaya ini karena peserta didik yang memiliki kemampuan menggambar (yang beragama Katolik) sangat terbatas, jelas Nathan.

Usia 3 tahun

Bagi Nathan, dengan mengikuti lomba menggambar peristiwa Kitab Suci yang diselenggarakan di SMA Xaverius 1 Palembang, Sabtu (3 September 2022) ini tentu “akan menambah pengalaman dan sekaligus membawa nama baik sekolah (SMP Xaverius Maria).”

“Yesus di Salib”, hasil karya Nathan dalam lomba menggambar peristiwa Kitab Suci di SMA Xaverius 1 Palembang, Sabtu (3 September 2022).

Sambil menunjukkan hasil menggambarnya, Nathan mengatakan bahwa panitia menetapkan durasi menggambar selama 150 menit. Untuk menggambar tentang Yesus di Salib, Nathan menghabiskan waktu selama 120 menit.

Baca juga: SMP-SMP Peserta dan Pemenang Lomba BKSN Ekstern 2022

Menurut pengakuannya kepada penulis, Nathan suka menggambar sejak usia dini.  

“Saya suka menggambar sejak usia 3 tahun. Seingat saya, saat itu saya suka menggambar alat-alat berat, misalnya kapal, eskalator, dan sebagainya”, tutup Nathan.

Suasan santai seusai mengikuti lomba di taman (halaman tengah) SMA Xaverius 1 Palembang

Selain lomba menggambar peristiwa Kitab Suci, bagi peserta lomba eksternal, Pengurus OSIS/PPSK bersama para pembinanya dalam rangka BKSN (Bulan Kitab Suci Nasional) 2022 ini menyelenggarakan lomba lektor, mazmur, cerdas cermat rohani, bertutur Kitab Suci, serta xafution (Xaverius Futsal Competition)*** (Ignas Iwan Waning)