SEKILAS INFO
14-04-2024
  • 10 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
26
Agu 2023
Lomba Agustusan 2023, Wilsen: Bima Menangkap Belut 3 Ekor Sekaligus

“PAK, tim kami juara 1 dalam lomba memindahkan belut”, kata Wilsen siswa kelas XII MIPA 3 di lapangan bola SMA Xaverius 1 Palembang.

Hari itu (Rabu, 16 Agustus 2023) sehari sebelum merayakan HUT RI Ke 78, tidak ada KBM. Kegiatan belajar mengajar (KBM) ditiadakan karena peserta didik dan guru fokus pada aneka perlombaan dalam rangka merayakan HUT RI.

“Wilsen, kok tim kalian bisa juara 1, kenapa?”, tanya saya kepada Wilsen yang murah senyum.

Menangkap belut

“Bagaimana kami tidak juara Pak, anggota tim kami, Bima sekali menangkap dan memindahkan belut sebanyak 3 sampai 4 ekor belut. Itulah alasanya kami juara 1, Pak”, jelas Wilsen di pinggir lapangan bola.

Lomba menangkap belut merupakan salah satu dari beberapa jenis yang diperlombakan serta diselenggarakan oleh OSIS/PPSK SMA Xaverius 1 Palembang.

Jenis lomba Agustusan 2023 ini, yakni:

  • Film pendek
  • Balap karung
  • Mendaki bola
  • Menangkap belut
  • Estafet akar
  • Bantu aku mengambil
  • Bola berjalan.

Itulah jenis lomba dalam bingkai HUT RI Ke 78 yang sejalan dengan tema dari pemerintah: “78 terus melaju untuk Indonesia maju”.

Tim lomba mendaki bola dari Kelas XII IPS 2.

Sebelum pelaksanaan lomba yang semuanya berpusat di lapangan bola, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Bapak Ricardus Eko menyampaikan arahan bagi segenap siswa terkhusus bagi peserta lomba.

Koordinasi

Kesuksesan sangat ditentukan oleh diri sendiri dan orang lain. Kesuksesan dalam lomba sangat ditentukan dari kerja sama, prioritas dan kesehatan. Jagalah kesehatan diri, tetapkan skala prioritas kalian, dan tanamkan semangat kerja sama antar-tim merupakan hal penting dalam menggapai keberhasilan, jelas Pak Eko.

Masih di lokasi lomba, Maria dan Michelle dari kelas XII IPS 1 yang telah selasai mengikuti lomba mendaki bola mengatakan “dengan lomba mendaki bola, kami diajarkan akan pentingnya kesabaran dan koordinasi antar-anggota”.*** (Ignas)