SEKILAS INFO
28-09-2022
  • 1 minggu yang lalu / PAGI ini (Senin, 19 September 2022) Upacara Bendera di lapangan sekolah, pkl 07.00 – ss.
  • 1 minggu yang lalu / Selamat kepada Inaayah Mufidah, siswi kelas XII MIPA 3 atas prestasinya terpilih sebagai Putri Sriwijaya 2022.
  • 1 minggu yang lalu / KELUARGA Besar SMA Xaverius 1 Palembang mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Ibu Theresia Suyanti (Palembang, 16 September 2022), Istri dari Bapak Budiono. RIP Ibu Suyanti.
19
Sep 2022
Kiat Belajar yang Efektif, Cassie: Mendengarkan Penjelasan Guru

PENGALAMAN adalah guru yang terbaik. Demikian halnya dengan belajar. Pengalaman belajar (yang baik dan efektif) yang telah membiasa akan semakin bermakna dan berfaedah ketika dilakukan secara berkelanjutan serta hasilnya maksimal. Berikut pengalaman belajar dari Cassie, siswi kelas XI IPS 2 yang dibagikan kepada sidang pembaca.

Baca juga: Tip Belajar yang Efektif, Aglia: Membuat Ringkasan

Apa saja kiat/ tips belajar yang efektif?

Sesuai dari pengalaman saya, hal terpenting dalam belajar adalah kita harus mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Dengan begitu, kita akan memahami materi yang sedang dibahas atau dipelajari. Apabila kita hanya membaca melalui buku tanpa adanya penjelasan dari yang lebih ahli terkadang akan sedikit membingungkan dalam memahami materi atau bahan pelajaaran. Oleh karena itu ingatlah hal-hal yang telah dijelaskan guru karena ada beberapa guru akan menanyakan hal yang pernah ia sampaikan saat kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam soal ujian.

Agar tidak lupa dapat dicatat pada buku kosong, tidak perlu rapi-rapi karena ini hanya akan menjadi catatan pribadi. Setelah itu catatannya barulah disalin ke buku catatan kita agar lebih mudah dibaca.

Baca juga: Memilih Jurusan MIPA: Bercita-cita menjadi Dokter

Time Management juga penting agar kita dapat membagi waktu antara belajar, berorganisasi, dan beristirahat. Jika kita terus-terusan menunda pengerjaan tugas maka akan menumpuk sehingga kita dapat kewalahan dalam mengerjakannya, maka sebaiknya kerjakan tugas sesegera mungkin setelah diberikan agar kita dapat segera beristirahat.

Apa saja tantangan dalam belajar sebelum UH (Ulangan Harian) atau Ulangan Akhir Semester?

Terkadang ada kalanya saya kewalahan antara berorganisasi dan belajar karena terkadang keduanya sama-sama perlu dikerjakan dalam waktu bersamaan, namun tentu saja belajar adalah hal yang utama bagi pelajar. Maka, saya akan memprioritaskan untuk belajar lebih dahulu baru mengerjakan tugas OSIS.

Baca juga: Lulus-Masuk ITB dan UNSRI 2022, Stefen dan Ficco: Jangan Ragu Mengorbankan Waktu Bermain untuk Belajar

Selain itu, rasa malas juga bisa menganggu kita untuk melakukan hal lain selain belajar terkadang saya juga menerapkan sistem kebut semalam sebelum ulangan, tentu saja hal ini kurang baik untuk dilakukan sebaiknya kita mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian dengan baik seperti membaca-baca materi beberapa hari sebelum ujian dilaksanakan.

Cassie, salah satu pengurus OSIS/PPSK Periode 2021/2022

Data Cassie:

  • Nama lengkap: Cassandra Geraldine Felani
  • Nama panggilan: Cassie
  • Tempat dan tanggal lahir: Palembang, 16 Februari 2006
  • Hobi: fotografi, membaca buku, dan mendengarkan musik. *** (Ignas)

Baca juga: Diterima-Masuk Universitas Gadjah Mada, Maria Memohon Doa-Restu Ibu!

Kategori

Agenda