SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
9
Apr 2022
Ketua OSIS/PPSK, Marcelline: Memaksimalkan Kinerja dan Sukseskan Raja Bangau

19 Maret 2022 lalu, serah-terima jabatan (SPJ) Kepengurusan OSIS/PPSK dari Ketua Umum lama Isabella kepada Ketua Umum baru Marcelline. [OSIS: Organisasi Siswa Intra Sekolah; PPSK: Perhimpunan Pelajar Sekolah Katolik].

Serah terima jabatan kepengurusan OSIS ini setelah melewat latihan kepemimpinan (Latpim), 14-16 Maret 2022 bagi calon pengurus OSIS yang baru dan laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS yang lama di hadapan forum MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas), 18 Maret 2022.

Identitas singkat Marcelline:

  • Nama lengkap: Marcelline Cindy
  • Ttl: Palembang, 27 November 2004
  • Anak ke: 2
  • Hobi: olahraga
  • Kelas: XI MIPA 4
  • Asal SMP: SMP Xaverius 1 Palembang

Tulisan berikut merupakan hasil wawancara singkat dengan Marcelline (Jumat, 8 April 2022).

Marcelline, apa kesan pertama ketika terpilih sebagai  Ketua Umum OSIS/PPSK periode ini?

Tentu menjadi seorang pengurus OSIS/PPSK bukanlah hal yang mudah apalagi diberi kepercayaan untuk memegang jabatan sebagai ketua umum. Hal ini di luar ekspektasi saya, selama ini saya selalu bekerja di bawah komando namun kali ini saya dituntut untuk berani mengambil keputusan dan memberi arahan kepada teman-teman lainnya.

Hal pertama ketika mendengar surat keputusan bahwa saya dipilih menjadi ketua umum yaitu ada sedikit keraguan dalam hati saya dan juga ada suatu tuntutan yang berubah menjadi prinsip yang saya pegang yaitu “lakukan terbaik dan jangan biarkan orang orang yang telah mempercayakan saya kecewa”.

Menurut Marcelline, faktor apa saja yang sangat mendukung keberhasilan sebuah organisasi?

Organisasi, dalam hal ini OSIS, terdiri dari banyak orang yang memiliki visi misi yang sama. Beragam kepribadian dan karakter pasti akan ditemui dalam organisasi ini.

Kepribadian yang beragam itulah yang membuat organisasi ini memiliki suatu daya tarik tersendiri di mana kita harus bisa bekerjasama satu sama lain dan berkomunikasi dalam menyatukan pendapat hingga mencapai suatu keputusan bersama.

Para Pengurus OSIS/PPSK SMA Xaverius 1 Palembang, Periode 2022-2023

Apa program unggulan bagi kepengurusan OSIS/PPSK periode ini?

Tentu dari setiap periode OSIS memiliki ciri khas tersendiri dalam menciptakan suatu program kerja, namun menurut saya salah satu program unggulan dalam tahun ini direncanakan yaitu Raja Bangau.

Apa saja tantangan yang akan dihadapi dalam mengemban tugas-tanggung jawab yang tidak ringan ini?

Saya percaya dalam satu tahun ke depan tidak akan berjalan dengan lancar, pasti akan ada hal hal di luar kendali yang menghampiri kami baik secara internal maupun eksternal.

Perbedaan pendapat dari setiap individu merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi, tentu hal ini yang mendorong kami untuk belajar bagaimana menghadapi suatu perbedaan dan menjadikan suatu tantangan sekaligus peluang untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

Apa pesan dan harapan Marcelline selaku Ketua Umum OSIS/PPSK bagi warga sekolah kita?

Saya pribadi ingin mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung saya dari segi apapun.

Saya akan selalu berusaha memberikan hal terbaik dan juga berusaha membuat program kerja yang menarik sesuai dengan teman-teman harapkan. Hal ini tentu tidak lepas dari peran teman-teman dalam memberi saran, kritikan, masukan dan juga support agar dapat memaksimalkan kinerja saya kedepannya.*** (Ignas Iwan Waning)