SEKILAS INFO
30-11-2022
  • 1 bulan yang lalu / FORXA (Fun Work with Xaverius One) mengadakan market day dan aneka lomba (Jumat-Sabtu, 14-15 Oktober 2022) di Lapangan dan kelas-kelas SMA Xaverius 1 Palembang. Hadir dan saksikanlah!
  • 1 bulan yang lalu / EKSPO Perguruan Tinggi dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022.
  • 2 bulan yang lalu / Projek Pertama, Nitha: Pemilihan Duta Lingkungan yang Memakai Pakaian Unik
27
Okt 2021
Juara Lomba Akuntansi, Melina: Berkat Tuhan, Doa Orangtua, dan Usaha

LEBIH kurang selama 2 pekan, Melina Vaniatan mempersiapakan diri untuk mengikuti lomba. Lomba dalam bidang akuntansi ini diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Malang menghantar Melina, siswi kelas XII IPS 2 ini meraih juara 2.

Juara 2 diraih Melina pada Minggu, 24 Oktober 2021 setelah melewati babak semifinal dan final. Berikut petikan wawancara dengan putri ke 3 dari 3 bersaudara ini yang lahir di Palembang, 25 Mei 2004.  

Apa kesulitan yang Melina alami selama persiapan lomba akuntansi?

Kesulitan yang saya alami selama persiapan, yaitu mempelajari materi, khususnya untuk perusahaan dagang dan materi akuntansi lainnya. Lagi pula materi itu belum pernah saya pelajari di kelas XII. Bahan ini saya pelajari dalam waktu yang relatif singkat.

Apa saja yang memotivasi Melina dalam persiapan lomba?

Yang memotivasi saya saat persiapan lomba, yaitu karena saya memang sudah tahu tujuan saya saat ke perguruan tinggi nanti akan mengambil jurusan akuntansi sehingga saya merasa persiapan yang saya lakukan saat ini akan berguna dan mempermudah saya di masa perkuliahan nanti.

Selain itu, karena saya melihat effort yang diberikan Bu Vero (guru ekonomi dan akuntansi) saat melatih kami (5 orang), dimana rasanya Bu Vero yang sibuk sebagai seorang guru sekaligus ibu rumah tangga masih menyempatkan waktunya untuk mengajar kami pada malam hari. Hal ini merupakan salah satu motivasi saya agar, sekurang-kurangnya, tidak mengecewakan beliau.

Secara umum, apa saja kesan utama selama perlombaan berlangsung?

Selama lomba, pastinya ada rasa gugup dan tidak percaya diri karena melihat cukup banyak teman-teman yang ikut dari luar pulau atau daerah lain. Meskipun begitu, saya tetap berusaha meyakinkan diri bahwa saya akan bisa melewati ini semua dengan baik.

Faktor utama keberhasilan dalam lomba ini?

Menurut saya, faktor keberhasilan utama dalam lomba ini adalah karena berkat dari Yang Maha Kuasa dan orang tua saya serta usaha yang saya berikan saat persiapan lomba.

Saya merasa ketika saya mendapat suatu pencapaian dalam hidup, itu tidak semata-mata hanya karena usaha saya tetapi juga karena berkat dari Tuhan dan doa dari orang tua, tutup Melina yang 3 tahun lalu menyelesaikan studinya di SMP Xaverius Maria Palembang.*** (Ignas Iwan Waning)