SEKILAS INFO
17-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
25
Mei 2021
Evelyn Natania: Pembelajaran Tidak Sekedar Teori

HARI ini, Selasa (25/5/2021) agenda pembagian rapor semester genap bagi peserta didik kelas XII. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kerinduan para siswa-siswi yang hendak mengikuti tes masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Sembari menerima hasil kerja selama semester genap 2021, Evelyn Natania hendak membagikan pengalaman berkesannya selama belajar di SMA Xaverius Bangau ini.

Siswi kelas XII MIPA 4 ini mengatakan, yang berkesan selama berada di SMA Xaverius 1 adalah sistem pembelajarannya.

Aktif dan disiplin

Sistem pembelajaran di SMA Xaverius 1 cukup menarik karena sangat menekankan aspek keaktifan dan kedisiplinan siswa. Contohnya saja pada saat pelajaran biologi. Siswa-siswi harus mengobservasi langsung tanaman-tanaman yang ada di lapangan, sehingga pembelajaran tidak hanya sekedar teori saja.

Contoh lainnya adalah saat pelajaran bahasa Indonesia dan prakarya. Siswa-siswi diharuskan untuk membuat karya ilmiah secara berkelompok. Saya ingat sekali bahwa saat itu saya dan teman-teman sekelompok saya harus melakukan sidang karya ilmiah secara daring karena pandemi covid-19 ini.

Cek suhu sebelum masuk komplek SMA Xaverius 1 di hadapan tim gugus covid-19 (Selasa, 25/5)

Contoh lain lagi adalah pelajaran agama. Siswa-siswi diharuskan untuk merefleksikan pengalaman-pengalaman hidup serta harus aktif selama pembelajaran berlangsung.

Perjuangan

Itulah mengapa saya mengatakan bahwa aspek kedisiplinan sangat ditekankan. Setiap hari ada saja tugas yang harus dikerjakan. Hal ini membuat siswa-siswi menjadi disiplin dan tahan terhadap tekanan.

Jadi, menurut Evelyn yang hendak mendalami ilmu psikologi ini, sistem pembelajaran di SMA Xaverius 1 sangat berkesan dan tentu akan terus teringat.

Saya yakin teman-teman yang lain pun akan terus terkenang dengan bagaimana beratnya perjuangan mereka selama belajar di SMA Xaverius 1.*** (Ignas Iwan Waning)