SEKILAS INFO
01-03-2024
  • 9 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Rabu, 1 November 2023 s.d. Rabu, 31 Januari 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
28
Mei 2022
Diterima-Masuk Universitas Gadjah Mada, Maria Memohon Doa-Restu Ibu!

SELAIN minat dan bakat, kemampuan akademik untuk meraih perguruan tinggi yang diimpikan butuh perjuangan. Usaha yang tidak tanggung-tanggung tersebut hendaknya memohon doa-restu dari orangtua serta amal bakti bagi sesama yang sangat membutuhkan.  

Mengapa memilih jurusan Ilmu dan Industri Peternakan?

Saya pilih ilmu dan industri peternakan karena saya ada minat di dunia hewan. Minat pada hewan kan tidak hanya menjadi dokter hewan, tetapi bisa jadi peternak hewan. Saya juga ingin belajar bagaimana cara memperlakukan hewan ternak dengan baik sehingga bisa menghasilkan produk yang bagus untuk konsumen.

Apa saja trik sehingga lulus SNMPTN?

Kalau dari saya pribadi menyiapkan strateginya terlebih dahulu. Kita harus tahu siapa-siapa saja yang mau masuk ke jurusan dan universitas tertentu. Triknya, antara lain, kalau sudah ada ranking paralel diatas kita yang ingin mengambil jurusan sama dengan kita, sebaiknya kita mengalah saja dan mengambil alternatif jurusan yang lain.

Selain itu, saya kan hanya mengisi 1 pilihan saja, jadi peluangnya diterimanya bisa lebih besar dari yang memilih 2 pilihan (tapi tidak selalu). Kalau ingin memilih 2 pilihan, salah satunya harus ada yang didomisili SMA-nya (contoh: SMA di Palembang, harus mengisi salah satu pilihan universitas yang ada di Palembang)

Maria dan Mia serta teman-temannya saat upacara pelepasan kelas XII di Lapangan SMA Xaverius 1 Palembang, Selasa (10 Mei 2022).

Selain mengatur strategi agar bisa lolos, saya juga meminta bantuan terhadap orang-orang sekitar saya. Saya selalu meminta doa kepada mereka agar mereka mendoakan saya bisa diterima SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Menurut saya yang paling penting adalah doa dari ibu, makanya kita juga meminta ibu kita untuk mendoakan agar bisa lulus SNMPTN.

Kemudian selama masa penantian pengumuman SNMPTN, saya juga bersedekah terhadap orang. Saya lebih sering bersedekah kepada badut-badut yang ada di lampu merah, berapa pun uang yg saya punya pasti saya selalu menyempatkan untuk memberi mereka uang. Tetapi saya tetap bersedekah itu ikhlas dari hati bukan karena saya mengharapkan sesuatu dari bersedekah tersebut. Memang sudah seharusnya bersedekah hendaknya memberi dengan ikhlas. Tulus hati.

Apa saja (proyeksi) usahamu saat menimba ilmu di kampus baru?

  • Usaha saya pastinya harus lebih giat belajar.
  • Meskipun masih mahasiswa baru, tetapi tetap tidak boleh santai-santai dan harus tetap mengerjakan tugas.
  • Untuk tugas saya usahakan tidak kumpul mepet deadline. Karena kalau tugasnya bisa dicicil dari awal, nanti pasti dapat waktu luang yang lebih banyak.
Maria bersama teman-teman sekelasnya (XII MIPA 7 yang lulus SNMPT 2022) Stefen dan FIcco.

Apa tantangan terberat di tempat baru/ kampus kelak?

Mungkin mencari teman baru. Karena saya itu orangnya kalau di tempat baru dengan wajah-wajah baru itu pasti pemalu dan pendiam, apalagi di kota orang. Saya bisa butuh waktu cukup lama untuk bisa mengenal mereka lebih dekat agar lebih akrab. Kalau sudah mengenal satu sama lain saja, saya sudah bisa menyesuaikan diri dengan mereka jadi lebih akrab.

Identitas singkat dari Maria:

  • Nama lengkap: Maria Angelina Harianja
  • Kelas: XII MIPA 7 SMA Xaverius 1 Palembang
  • TTL: Palembang, 10 April 2004
  • Anak ke: 4 dari 4 saudara
  • Asal SD dan SMP: SD Indriasana dan SMP Xaverius Maria
  • Hobi: nonton film, nyanyi, main game
  • Nama jurusan: Ilmu dan Industri Peternakan, Universitas Gadjah Mada

Ignas Iwan Waning