SEKILAS INFO
28-09-2022
  • 1 minggu yang lalu / PAGI ini (Senin, 19 September 2022) Upacara Bendera di lapangan sekolah, pkl 07.00 – ss.
  • 1 minggu yang lalu / Selamat kepada Inaayah Mufidah, siswi kelas XII MIPA 3 atas prestasinya terpilih sebagai Putri Sriwijaya 2022.
  • 1 minggu yang lalu / KELUARGA Besar SMA Xaverius 1 Palembang mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Ibu Theresia Suyanti (Palembang, 16 September 2022), Istri dari Bapak Budiono. RIP Ibu Suyanti.
27
Agu 2022
Coach Christin: Ajaib, 1 Detik Akhirnya SMA Xaverius 1 Bisa Berbalik Unggul dan Keluar sebagai Juara

MASA penantian yang cukup panjang, akhirnya tim basket putra SMA Xaverius 1 Palembang meraih juara. Kemenangan ini sungguh dramatis. “Pertandingan tadi malam (Jumat, 26 Agustus 2022) benar-benar menegangkan, seru dari awal sampai akhir”, tulis Coach Christin.

Partai final tim putra pada Honda Developmental Basketball League (DBL) Sumatera Selatan mempertemukan dua tim terbaik SMA Xaverius 1 dan SMA Xaverius 3 Palembang.

Saling percaya, mental juara, dan mengendalikan diri adalah kunci kemenangan. Berikut hasil wawancara dengan salah seorang pelatih, mbak Christin.

Mengapa tertarik menjadi pelatih basket di SMA Xaverius 1?

Awalnya saya bergabung di tim basket Bangau di tahun 2019 yang mana pada saat itu Ibu Gracia Dona mengajak saya untuk membantu melatih tim Putri.

Baca juga: Ungkapan, Doa dan Apresiasi bagi Tim Basket

Alasan saya kenapa memilih Bangau, karna SDM-nya sekolah ini banyak dan bagus-bagus untuk pemain basketnya. Setelah berjalan beberapa tahun, sekolah memutuskan untuk merombak coaching staff. Saya mengusulkan kepada sekolah untuk memasukan salah satu pelatih terbaik yang ada di Palembang untuk membantu saya di tim putra, beliau adalah Mbak Nabila. Jadi saat ini coaching staff tim basket SMA Xaverius 1 di nahkodai oleh mbak Nabila dan saya.

Apa saja target utama dibawah kepelatihan mbak Christin untuk tim basket?

Target saya pribadi dari awal bergabung ke SMA Xaverius 1 adalah membawa tim basket Bangau menjadi lebih baik dan bisa membanggakan sekolah.

Selain itu saya mau membuktikan kalau SMA Xaverius 1 tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi bisa di bidang non akademik.

Apa saja tantangan dalam melatih tim basket putra-putri di SMA Xaverius 1?

Tantangan yang dihadapi lumayan banyak ya pak. Mulai dari jadwal latihan yang kadang gak cocok sama jadwal siswa karna kan kebanyakan siswa di Bangau ini pasti ikut les di luar.

Kemudian ditambah lagi dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda. Program latihan yang dibuat terkadang tidak bisa cocok dengan anak-anak, apalagi dengan jadwal dan waktu latihan yang intens sekali-sekali. Tetapi dari coaching staff selalu mengingatkan untuk mereka lebih giat latihan, gak boleh menyerah kalau mau jadi juara.

Setelah info kemenangan semalam. Bagaimana perasaan mbak Christin?

Rasanya pasti sangat senang dan bangga sekaligus terharu. Akhirnya penantian panjang kita, segala usaha dan kerja keras anak-anak serta coaching staff terbayarkan dengan hasil yang sangat manis.

Faktor-faktor utama kemenangan semalam, apa saja?

Rasa percaya satu sama lain antar-pemain ke pemain, pemain ke pelatih dan sebaliknya menjadi kunci kemenangan tadi malam.

Pertandingan tadi malam benar-benar menegangkan, seru dari awal sampai akhir. Meski tim Xaverius 1 sempat tertinggal 11 point di sisa waktu 5 menit terakhir tetapi anak-anak tetap bisa tenang dan mengendalikan diri sampai akhirnya bisa menyusul dan skor kembali sama.

Baca juga: SMP-SMP Peserta dan Pemenang Lomba BKSN Ekstern 2022

Mental juara anak-anak Xaverius 1 patut diacungkan jempol. Buat saya pribadi kemenangan ini adalah berkat Tuhan, benar-benar keajaiban di sisa waktu 1 detik akhirnya Xaverius 1 bisa berbalik unggul dan keluar sebagai Juara.

Apa saja keunggulan tim basket Xavega ?

Tim basket Xavega lebih berpengalaman, mereka sudah pernah beberapa kali juara DBL. Sehingga mereka tampil lebih tenang dan percaya diri, pertahanan mereka juga sangat kuat di dalam paint area. Dua pemain andalan Xaverius 3 membuat tim basket Bangau cukup kewalahan di awal-awal pertandingan.

Apa harapan mbak Christin dengan tim basket Bangau ke depan?

Harapan saya untuk tim basket Bangau pastinya harus lebih baik lagi, harus terus maju, terus berkembang, bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain dan pastinya bisa juara di berbagai event pertandingan baik itu untuk tim putra maupun tim putri.

Identitas:

  • Nama lengkap: Christina Roshinta Sari
  • Nama panggilan: Christin
  • Tempat tanggal lahir: Yogyakarta, 4 September 1993
  • Hobi: Travelling
  • Pendidikan:
    • SD: Baptis
    • SMP: SMP N 26 Palembang
    • SMA: SMA N 1 Sekayu
    • PT: Universitas Negeri Yogyakarta
  • Pekerjaan: Guru di SMP Xaverius Maria Palembang

Ignas Iwan Waning

Kategori

Agenda