SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
8
Sep 2021
SMA Xaverius 1 Palembang: Sekolah Memfasilitasi PTM Terbatas

MULAI Kamis (9/9/2021) SMA Xaverius 1 Palembang mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Mula Terbatas (PTM-T). Hal ini disampaikan Kepala SMA Xaverius 1 Palembang, Ibu Dra MM Estri Murwani, M.Si.

Orangtua – wali

Sosialisasi pelaksanaan PTM terbatas diselenggarakan secara bertahap. Pada hari pertama, Senin (6/9/2021) pertemuan secara khusus dengan orang tua/ wali peserta didik. Pertemuan dengan menggunakan aplikasi zoom antara staf pimpinan dan para wali kelas bersama dengan para orangtua atau wali siswa berjalan dengan baik dan lancar.

Durasi 1 jam per-sesi dari masing-masing tingkat, mulai dari orangtua siswa-siswi kelas X MIPA dan IPS (pkl 08.00-09.00), XI MIPA dan IPS (pkl 09.30-10.30), dan XII MIPA dan IPS (pkl 11.00-12.00). Pihak sekolah menyampaikan informasi pokok dan teknis berkaitan dengan pembelajaran tatap muka terbatas.

Dalam pertemuan secara virtual yang terbilang relatif singkat itu, terjadi komunikasi, dialog, usulan, masukan serta tanya jawab. Semuanya berjalan dengan baik dan nyaman agar pelaksanaan PTM terbatas bisa berjalan sesuai rencana.

Peserta didik

Hari kedua (Selasa, 7/9/21) sosialisasi pelaksanaan PTM terbatas kepada para peserta didik secara live streaming youtube sekolah. Cherline Junnica (XII MIPA 3) dan Maria Ardhiella (XII MIPA 8) telah berperan memandu (sebagai MC) kegiatan ini sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Turut hadir sekaligus narasumber dalam sosialisasi ini, kepala sekolah, para wakil kepala sekolah bidang: kurikulum, kesiswaan, humas, dan sarana prasarana. Juga hadir, ketua komite sekolah Ibu Dessy Chandra, dan perwakilan orangtua siswa Ibu Nurhazalinda. Ibu Nur, biasa disapa, merupakan orangtua dari Aurel Nasywa Maulidya kelas XII MIPA 7.

Memfasilitasi

SMA Xaverius 1 Palembang menerapkan sistem pelajaran secara online dan offline.

Peserta sosialisasi PTM Terbatas, jumlah peserta per-sesi antara 220-280 partisipan

Tidak ada keharusan dari sekolah kepada para peserta didik untuk mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas (offline). Para siswa, berdasarkan informasi dari pihak sekolah dan masukan atau hasil rembukan bersama orangtua masing-masing, silakan memutuskan untuk memilih mengikuti pembelajaran secara online atau offline.

Pada prinsipnya SMA Xaverius 1 Palembang memberikan kesempatan atau memfasilitasi untuk pembelajaran tatap muka terbatas. Pihak sekolah telah memenuhi persyaratan dasar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Beberapa syarat utama bagi para siswa untuk mengikuti pembelajaran secara offline, misalnya harus mendapat ijin tertulis dari orangtua, mematuhi protokol kesehatan, serta kondisi fisik yang sehat.

Semoga semua persiapan dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas bisa berjalan dengan baik. SMA Xaverius 1 Palembang, Keep the Spirit Aline. *** (Ignas Iwan Waning)