Oleh: Carista Efferline dan Alfredo Rusdi Ansjori | X.2
[Gregorius selaku Ketua OSISKA SMA Xaverius 1 Palembang telah lama memberikan jawaban tertulis dari pertanyaan yang telah disusun oleh Carista dan Alfredo. Namun, maaf baru sekarang dipublikasikan di Web ini]
Apa program unggulan yang ingin Anda jalankan selama masa kepemimpinan Anda?

Apa yang membedakan Anda dari kandidat lain dalam pemilihan Ketua OSISKA?
Sesungguhnya saya merasa tidak ada terlalu banyak perbedaan antara saya dan kandidat ketua yang lain. Kami berempat sama-sama ingin memberikan yang terbaik bagi sekolah kita. Mungkin perbedaannya terletak dari sudut pandang teman-teman. Kalau dari saya sendiri, saya mempunyai visi P3K yang intinya adalah tentang kebersamaan dalam SMA Xaverius 1.
Bagaimana perasaan Anda ketika terpilih menjadi ketua umum OSISKA?
Saya tentu merasa senang dan terkejut pada saat terpilih menjadi ketua OSISKA. Saya merasa senang karena diberi kepercayaan untuk menjadi ketua OSISKA namun tak bisa dipungkiri saya juga memiliki sedikit keraguan dalam diri saya. Saat itu saya sempat bertanya pada diri saya “Dapatkah saya melaksanakan tugas sebagai ketua dengan baik?” Meskipun begitu saya tetap akan menjalankan tugas saya semaksimal mungkin dan coba untuk selalu memberikan yang terbaik.
Bagaimana Anda akan menjalin kerja sama dengan guru dan pihak sekolah dalam menjalankan program OSISKA?
Kami akan mencoba untuk menciptakan program kerja yang lebih melibatkan bapak/ibu guru. Kami juga memiliki program aspire yang diperuntukkan bagi seluruh warga SMA Xaverius 1 dimana melalui aspire dimana bapak/ibu atau pihak sekolah dapat memberi masukan kepada OSISKA. Selain itu juga dalam kepengurusan OSISKA ada pembina yang merupakan guru-guru sehingga dapat menjembatani antara pengurus OSISKA dan bapak/ibu serta karyawan-karyawati.

Bagaimana Anda akan mengatur waktu antara tugas sebagai Ketua OSISKA dan kewajiban akademik Anda?
Sejujurnya mengatur waktu adalah salah satu permasalahan utama mengingat bahwa tak lama lagi saya akan naik ke kelas XII. Tetapi berdasarkan pengalaman saya, penyebab umum dari terganggunya kewajiban akademik seperti tugas disebabkan oleh kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Oleh karena itu saya akan mencoba untuk tidak menunda segala jenis pekerjaan terutama yang bisa segera saya selesaikan.
Bagaimana Anda memastikan OSISKA tetap aktif dan berjalan dengan baik sepanjang tahun kepemimpinan Anda?
OSISKA pada saat latihan kepemimpinan telah menciptakan rancangan program kerja untuk setahun kedepan dan rancangan itulah yang nantinya akan menjadi acuan bagi kami untuk melaksanakan program. Menurut saya, hal tersebut ditambah juga dengan komunikasi yang baik akan cukup untuk memastikan agar OSISKA berjalan dengan baik.
Bagaimana cara Anda menanggapi kritik atau masukan dari siswa maupun guru?
Kritik atau masukan yang siswa dan guru berikan akan dengan senang hati kami terima. OSISKA menyediakan forum aspire dimana seluruh warga sekolah dapat mengutarakan seluruh aspirasinya, terutama aspirasi terkait program kerja OSISKA. Kritik dan saran yang didapatkan melalui aspire nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kinerja kedepannya.

Bagaimana cara Anda memastikan bahwa semua program OSISKA dapat dijalankan dengan sukses dan efektif?
Kami akan menyiapkan perencanaan dari program sebaik dan sematang mungkin. Kami juga akan meminta saran dan bantuan dari pembina jika mengalami kendala dan kami akan mencoba untuk belajar dari kesalahan tahun lalu dan mencoba agar hal tersebut tidak terulang kembali.
Apa strategi Anda untuk menjaga semangat dan motivasi siswa dalam berpartisipasi dalam kegiatan OSISKA?
Kami akan sebisa mungkin mencoba untuk menciptakan program yang memang dibutuhkan dan diinginkan oleh murid. Kami juga akan menyelenggarakan kegiatan yang menarik dan dikemas dengan cara yang kreatif.
Bagaimana cara Anda memastikan agar semua anggota OSISKA dapat bekerja sama dan mendukung satu sama lain?
Untuk memastikan kolaborasi dan dukungan di antara semua pengurus OSISKA, perlu dibangun komunikasi yang baik antar-pengurus, misalnya dengan melakukan pertemuan rutin membahas program yang harapannya dapat membangun ikatan antar-pengurus. Selain itu harus diciptakan lingkungan yang inklusif, dimana semuanya bebas berpendapat dan saling menghargai. Hal tersebut secara perlahan-lahan akan menciptakan keterbukaan antar pengurus yang membuat semuanya saling menerima dan mendukung satu sama lain.

Susunan Pengurus OSISKA SMA Xaverius 1 Palembang Periode Maret 2025 s.d. Februari 2026
Sekretaris Bidang:
Sekbid ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Sekbid pembinaan budi perkerti luhur dan akhlak mulia
Sekbid pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
Sekbid pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
Sekbid pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural
Sekbid pembinaan kreatifitas, keterampilan dan kewirausahaan
Sekbid pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi
Sekbid pembinaan sastra dan budaya
Sekbid pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
Sekbid pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris
Perlu dan pantas dicatat bahwa proses pemilu (pemilihan umum) calon pengurus OSISKA tahun ini sangat demokratis karena melibatkan semua warga sekolah. Proficiat bagi segenap pengurus OSISKA 69 dan selamat menjalankan tugas dengan baik dan kreatif.*** (Ignas)
