SEKILAS INFO
30-11-2022
  • 1 bulan yang lalu / FORXA (Fun Work with Xaverius One) mengadakan market day dan aneka lomba (Jumat-Sabtu, 14-15 Oktober 2022) di Lapangan dan kelas-kelas SMA Xaverius 1 Palembang. Hadir dan saksikanlah!
  • 1 bulan yang lalu / EKSPO Perguruan Tinggi dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022.
  • 2 bulan yang lalu / Projek Pertama, Nitha: Pemilihan Duta Lingkungan yang Memakai Pakaian Unik
25
Sep 2022
Tips Belajar yang Efektif, Aglia: Membuat Ringkasan

AWAL pekan ini (Senin, 19 September 2022) pada laman ini telah tersaji percikan pengalaman belajar dari Cassie. Pada kesempatan ini (Minggu, 25 September 2022), sahabatnya Cassie, Aglia (kelas XI IPS 2) akan membagikan pengalaman belajar yang efektif. Semoga pengalaman Cassie (edisi sebelumnya) dan catatan dari Aglia ini membantu kita dalam proses belajar yang tepat guna.

Apa saja kiat atau tips dari Aglia agar belajar lebih efektif?

Cara belajar sehari-hari yang paling efektif itu adalah dengan memahami bagaimana cara belajar yang kita sukai, apakah dengan mengamati gambar atau menonton video (visual), mendengarkan materi (auditori), melibatkan gaya gerak (kinestetik), ataupun lain sebagainya, lalu mempraktikkannya.

Saya pribadi lebih nyaman dengan cara belajar auditori dan disertai dengan menulis. Saat malam hari, biasanya saya akan membaca materi yang kira-kira akan dibahas besok di sekolah, supaya saya memiliki gambaran kasarnya terlebih dahulu.

Kemudian saat di sekolah, saya akan mendengarkan dengan cermat mengenai penjelasan dari guru dan mencatat poin-poin pentingnya saja di buku coretan, dan saat di rumah barulah saya akan menyalinnya dengan rapi di buku catatan.

Baca juga: Kiat Belajar yang Efektif, Cassie: Mendengarkan Penjelasan Guru

Sedangkan cara belajar untuk mempersiapkan ulangan harian atau ulangan semester, saya biasanya akan membaca dan mengingat kembali materinya. Setelah itu barulah saya akan menghapalnya apabila memang perlu demikian.

Saya biasa membuat peta konsep atau ringkasan sederhana tentang materi yang akan diujikan dan mencoba mengerjakan latihan soal apabila menyangkut mata pelajaran dengan hitungan.

Aglia berpose di pinggir lapangan bola SMA Xaverius 1 Palembang

Apa saja tantangan dalam belajar sebelum UH atau UAS?

Tantangan dalam belajar sebelum UH atau UAS yang pernah saya alami diantaranya:

  • Apabila guru baru menginfokan adanya ulangan di satu hari sebelumnya. Biasanya ini akan membuat saya sedikit kewalahan dalam mengatur jadwal belajar, karena banyaknya kegiatan yang harus dilakukan.
  • Terpaksa belajar di suasana yang tidak kondusif. Sedangkan saya termasuk ke dalam orang yang ketika belajar harus pada kondisi yang tenang agar dapat berkonsentrasi.

Data Aglia:

  • Nama lengkap: Aglia Grace Theophila
  • Nama panggilan: Aglia/Grace
  • Ttl: Palembang, 8 Agustus 2006
  • Hobi: Membaca buku dan mendengarkan lagu.

Terima kasih Aglia atas refleksi pengalaman belajarmu yang telah dibagikan, semoga menginspirasi banyak orang.*** (Ignas)

Baca juga: Trik Menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS)