SEKILAS INFO
30-11-2022
  • 1 bulan yang lalu / FORXA (Fun Work with Xaverius One) mengadakan market day dan aneka lomba (Jumat-Sabtu, 14-15 Oktober 2022) di Lapangan dan kelas-kelas SMA Xaverius 1 Palembang. Hadir dan saksikanlah!
  • 1 bulan yang lalu / EKSPO Perguruan Tinggi dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022.
  • 2 bulan yang lalu / Projek Pertama, Nitha: Pemilihan Duta Lingkungan yang Memakai Pakaian Unik
19
Mar 2021
Latihan Kepemimpinan OSIS/PPSK 2021-2022: Menjadi Teladan bagi Sesama

SEKOLAH Menengah Atas Xaverius 1 Palembang, menggelar latihan kepemimpinan untuk para calon OSIS/PPSK. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dari tempat masing-masing.

Latpim berlangsung selama 3 hari ini, yaitu 25-27 Februari 2021. Tujuan latpim untuk meningkatkan pengetahuan calon OSIS/PPSK masa jabatan 2021-2022.

Walaupun dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dengan kisaran waktu sekitar 2 jam 30 menit tiap harinya, acara berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Menyenangkan karena keaktifan semua pembina, sehingga suasana menjadi cair dan tidak membuat calon OSIS merasa tegang.

Hari pertama diadakan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Vania Ruth. Acara dilanjutkan dengan pembahasan teknik public speaking oleh ibu Caecilia Sri Hatmani, S. Psi. Lalu pada pukul 15.30 WIB dilakukan ice breaking untuk menghilangkan suntuk dan bosan.

Di saat ice breaking para pembina memberikan teka-teki menjebak yang sulit dijawab, terutama Pak Syamsu, beliau sangat lihai membuat orang kebingungan dengan teka-tekinya. Pada saat inilah suasana menjadi sangat cair.

Pematangan proker

Setelah 15 menit kegiatan dilanjutkan kembali ke pembahasan mengenai teknik menyusun surat menyurat dan proposal oleh ibu Pratiwi Brahmana, S. Pd. Lalu acara diakhiri pada pukul 16.30 dan ditutup dengan doa oleh Isabella Mok.

Kepala SMA Xaverius 1 Palembang, Dra M.M Estri Murwani, M.Si

Hari kedua diadakan diskusi program kerja (proker) melalui break room bersama pembina yang sudah dibagi sebelumnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi hasil diskusi proker dan pematangan program bersama semua pembina.

Hari ketiga diawali dengan doa dan pemberian materi mengenai administrasi sekolah oleh ibu Anna Surachmie, S. Pd. Selanjutnya prosedur berorganisasi oleh ibu Yustiana Wahyu Harumurti, M. Pd.

Lalu ada sharing pengalaman bersama bintang tamu spesial yaitu Patricia Yeh dan Imelda Rani, mantan ketua umum OSIS/PPSK periode sebelumnya. Pada sesi ini terdapat tanya jawab dari calon OSIS/PPSK mendatang.

Upacara penutupan latihan kepemimpinan oleh ibu Estri sebagai pembina.

Dengan berbagai tema yang sudah dibahas selama 3 hari ini, kepala sekolah SMA Xaverius 1 Palembang, Dra. M.M. Estri Murwani, M. Si, berharap para calon OSIS/PPSK 2021-2022 mampu menerapkan ilmu yang didapat dan menjalankan tugasnya dengan baik sehingga bisa menjadi teladan siswa-siswi lainnya serta tidak perlu ragu untuk bertanya dan melibatkan pembina OSIS dalam menjalankan tugas.

Salah satu penggalan kata yang sangat menarik dari ibu Estri adalah “jadilah percaya diri karena kamu yang berada di sini bukan mereka”.

Acara kemudian ditutup dengan doa dan ucapan terima kasih dari semua pihak.** (Alicejoane Avrillantina Antonius/XI MIPA 8, Peserta Ekskul Jurnalistik)