SEKILAS INFO
30-11-2022
  • 1 bulan yang lalu / FORXA (Fun Work with Xaverius One) mengadakan market day dan aneka lomba (Jumat-Sabtu, 14-15 Oktober 2022) di Lapangan dan kelas-kelas SMA Xaverius 1 Palembang. Hadir dan saksikanlah!
  • 1 bulan yang lalu / EKSPO Perguruan Tinggi dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2022.
  • 2 bulan yang lalu / Projek Pertama, Nitha: Pemilihan Duta Lingkungan yang Memakai Pakaian Unik
Thanaya, Bantara adalah Jawabannya

THANAYA kini duduk sebagai siswi kelas XII MIPA 6. Hingga kini, pemilik nama lengkap Thanaya Dara Dwinda tertarik dengan aktivitas pramuka.

Berkaitan dengan ekskul pramuka yang dipilihnya, berikut petikan wawancara singkat dengan Thanay yang lahir di Palembang, 24 Juli 2005.

Baca juga: Semangat Melayani

Sejak kapan Thanaya mulai tertarik dengan ekskul pramuka?

Saya tertarik dengan ekskul Pramuka sejak SMP. Saya bersekolah di SMP Xaverius 2 Palembang. Ketika saya kelas 8, saya sudah tertarik dengan ekskul Pramuka, sehingga saat itu saya menjadi Pramuka Inti di sekolah.

Saya mengikuti Pramuka inti di SMP, sampai kelas 9. Ketika saya SMA, sayangnya kelas 10 tidak ada ekskul Pramuka karena saat itu adanya pandemi COVID-19. Jadi ketika kelas 11, ekskul yang saya incar dan yang saya pilih sejak awal adalah Bantara.

Mengapa Thanaya memilih ekskul pramuka?

Saya sangat menyukai kegiatan di luar lapangan, terutama kegiatan yang banyak menggunakan fisik, kegiatan yang seru, serta kegiatan-kegiatan yang mengutamakan kerjasama dan kebersamaan.

Menurut saya, masuk ke dalam Bantara adalah salah satu jawabannya. Sehingga, ketika di sekolah saya tidak hanya belajar mengenai pengetahuan umum, tetapi juga belajar mengenai suatu hal yang tidak diajarkan saat di dalam kelas. Contohnya, belajar pionering (simpul), membangun tenda, LTBB, dan masih banyak lagi.** (Ignas Iwan Waning)

Baca juga: Membuat Tower dari Tongkat dan Tali Pramuka