SEKILAS INFO
27-01-2023
  • 2 minggu yang lalu / Peserta TES I PPDB 2023 Yang Diterima Untuk Jadwal Wawancara dan Penyerahana Berkas pada : Senin, 16 Januari 2023 mulai Pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB
24
Jan 2023
Bapak Herman Sunu: Tiga Jalur Pendidikan Karakter

BERIMAN, berilmu, humanis, dan tegar merupakan nilai-nilai utama pendidikan kexaveriusan.

Nilai-nilai utama di atas dijabarkan menjadi 16 subnilai, misalnya kerendahatian, kedisiplinan, bertoleransi, dan kejujuran.

Selain nilai utama dan subnilai agar lebih mudah diimplementasikan dalam proses pendidikan maka dirumuskan deskripsi (indikator-indikator) nilai kexaveriusan. Hal ini telah dimuat dalam buku Pedoman Pendidikan Karakter Kexaveriusan (PT Kanisius, 2021), xiii + 130 hlm.

Di hadapan 100-an peserta lokakarya: para kepala sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK Xaverius serta para guru Pendidikan Agama Katolik dan Bimbingan Konseling (BK), Bapak Herman Sunu memaparkan basis-basis pendidikan karakter dan dilanjutkan dengan pelatihan bagi bapak dan ibu guru, (Kamis-Jumat, 19-20 Januari 2023) di Hall Xaverius Centrum Studiorum, Palembang.

Tiga jalur pendidikan karakter yakni berbasis kelas, berbasis kultur/ budaya sekolah, dan berbasis komunitas, menurut guru bidang Ekonomi SMA Xaverius 1 Palembang, Bapak Herman Sunu.

Nilai tambah

Urgensi atau pentingnya pendidikan kexaveriusan di sekolah-sekolah Xaverius milik Yayasan Xaverius Palembang agar lebih terarah, terprogram, terlaksana, dan terevaluasi dengan baik. Dengan demikian pendidikan karakter ditempatkan dalam satu bagian nilai tambah kurikulum, tegas Bapak Herman.

Bapak Herman berharap hasil pendidikan karaketer kexaveriusan dapat diprediksi, dimonitor, dan dievaluasi.

Pendidikan karakter kexaveriusan berangkat dari keutamaan-keutamaan yang digali dari pribadi Santo Fransiskus Xaverius.

Semoga pendidikan karakter kexaveriusan bisa ditanamkan, dikembangkan, dan dihayati oleh seluruh siswa dan warga Yayasan Xaverius Palembang serta menjadi gerak pelayanan pendidikan.*** (Ignas)

Agenda

27 Januari
waktu : 0800

Imlek Bersama

13 Februari
18 Februari
waktu : 07:00

Isra Mi’raj