Info Sekolah
Jumat, 14 Feb 2025
  • SMA Xaverius 1 Telah membuka pendaftaran baru Tahun ajaran 2025/2026 lengkapnya website : https://ppdb.smaxaverius1.sch.id/
  • SMA Xaverius 1 Telah membuka pendaftaran baru Tahun ajaran 2025/2026 lengkapnya website : https://ppdb.smaxaverius1.sch.id/

Cara Membagi Waktu Antara OSISKA dan Pembelajaran Sekolah

Terbit : Kamis, 19 Desember 2024 - Kategori : Kesiswaan / Percikan Pengalaman

OLEH: Valencia Liawanto | Kelas XI A2.3

Saya, Valencia Liawanto merupakan salah satu siswa di SMA Xaverius 1 Palembang. Saat ini, saya duduk di kelas XI, yaitu kelas XI A2.3.

Tanggung jawab

Di sekolah, saya juga mengikuti organisasi, yaitu OSISKA (Organisasi Siswa Intra Sekolah Katolik) periode 68. Di OSISKA, saya menjabat sebagai bendahara 1 dengan tugas mengelola keuangan tiap event-event yang diadakan. Menjadi anggota OSISKA yang bertanggung jawab sekaligus menjadi siswa yang berprestasi merupakan tantangan yang besar bagi saya. Hal ini dikarenakan tugas-tugas dari OSISKA maupun tugas sekolah sering bertabrakan dari segi waktu.

Oleh karena itu, saya selalu berusaha mengatur waktu agar keduanya berjalan dengan maksimal. Setiap tugas, baik tugas OSISKA maupun tugas sekolah selalu saya catat pada notes di handphone, beserta dengan tenggat/deadlinenya.

Skala prioritas

Saya prioritaskan tugas-tugas yang lebih mendesak atau memiliki tenggat waktu dekat terlebih dahulu. Jika terdapat tugas OSISKA yang perlu segera diselesaikan, maka saya akan menyelesaikan tugas tersebut sebelum menyelesaikan tugas lainnya.

Saat pembelajaran di kelas berlangsung, saya berusaha memperhatikan dan memahami materi yang ada. Hal ini membantu saya agar tidak perlu belajar dalam waktu yang lama jika terdapat ujian. Jika ada tugas dari sekolah, saya seringkali menyelesaikannya pada saat jam kosong ataupun jam istirahat sehingga tugas tidak tertumpuk.

Kolaborasi

Sebagai bendahara, saya juga memiliki partner yang membantu saya dalam melaksanakan tugas bendahara. Kami bekerja sama dan berkoordinasi satu sama lain sehingga pekerjaan terasa lebih ringan.

Apabila saya sedang mengerjakan tugas sekolah yang mendesak, maka partner saya akan mengerjakan tugas bendahara. Begitu juga sebaliknya. Jika partner saya sedang memiliki kepentingan, maka saya akan mengerjakan tugas bendahara.

Dengan demikian, setiap tugas dapat terselesaikan sesuai tenggatnya. Membuat jadwal merupakan salah satu cara yang efisien dalam membagi waktu.

Saya membuat jadwal mingguan untuk mengatur waktu belajar dan tugas OSISKA. Saya mengalokasikan waktu tertentu untuk OSISKA dan belajar. Tentu jadwal tersebut saya ikuti, meskipun terkadang tidak berjalan sesuai rencana. Meskipun telah membagi waktu dengan baik, terkadang saya masih suka kelelahan dan kewalahan hingga salah satu pekerjaan harus terkorbankan.

Metode belajar

Sebagai OSISKA, saya sering tidak mengikuti pembelajaran karena mengurus persiapan event-event OSISKA. Hal ini membuat saya tertinggal banyak pelajaran dan tugas-tugas. Saya mengatasi ini dengan menanyakan tugas-tugas dan materi kepada teman-teman dan menyelesaikannya segera.

Dalam tahap ini, terkadang saya berkoordinasi dengan guru terkait agar memberikan kesempatan lebih dalam mengerjakan tugas. Meskipun sedang sibuk dalam kegiatan OSISKA, saya tidak akan membiarkan nilai saya menurun.

Setidaknya 1 minggu sebelum ujian berlangsung, saya mencicil materi sedikit demi sedikit ataupun sekedar membaca materi. Ini sangat membantu saya sehingga saya hanya perlu review materi pada h-1 dan dapat mengerjakan tugas OSISKA lainnya. Namun, pada kondisi tertentu, saya terpaksa belajar h-1. Belajar H-1 bukanlah suatu masalah besar, asalkan memiliki metode pembelajaran yang benar seperti SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review).

Motivasi

Terakhir dan paling penting ialah dukungan, motivasi, dan semangat. Saya menjaga agar selalu termotivasi dengan mengingat tujuan akhir. Lalu, dukungan dari keluarga, guru, dan teman-teman juga membantu saya dalam mengerjakan tugas OSISKA maupun sekolah.

Pagi ini (Sabtu, 20 Desember 2024) bertepatan dengan pembagian rapor SAS (Sumatif Akhir Semester) gasal. Dari wali kelasnya, saya mendapat info bahwa Valencia mendapat peringkat 1 di kelasnya. Salut dan sukses selalu Valencia.*** (Editor: Ignas)