SEKILAS INFO
14-04-2024
  • 10 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
30
Mei 2022
Webinar Kewirausahaan: Keluar dari Zona Nyaman

SABTU, 28 Mei 2022 OSIS/PPSK menyelenggarakan seminar online. Terselenggaranya webinar ini berkat kerja sama antara pengurus OSIS/PPSK SMA Xaverius 1 Palembang dengan Universintas Binus, Jakarta.

Peserta seminar adalah siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang kelas X dan XI. Peserta berkumpul di kelasnya masing-masing dengan menyimak informasi dan penjelasan narasumber melalui zoom meeting.

Berikut komentar dari Fricillia dan Imaculatta berkaitan tentang webinar yang bertema “membentuk jiwa kewirausahaan yang kompetitif dan inovatif sejak remaja”.

Niat dan yakinlah

Pendapat saya mengenai webinar tersebut sebenarnya saya kurang tertarik dengan webinar tersebut karena membahas mengenai bisnis. Tetapi bukan berarti saya tidak mendapatkan apa-apa dari webinar tersebut. Saya mendapatkan beberapa ilmu salah satunya mengenai bagaimana persiapan ketika ingin mulai berbisnis.

Di webinar tersebut membahas bahwa untuk memulai berbisnis, maka kita harus punya niat dulu dan kepercayaan diri. Maksudnya tidak menunggu nanti karena tidak punya modal dan lain-lain tetapi cobalah dengan apa yang kita miliki. Intinya di sini jangan takut mencoba.

Lalu yang kedua yaitu yakin, dengan adanya keyakinan tentunya akan menumbuhkan motivasi intrinsik dalam diri sehingga membuat kita sebagai pembisnis tidak cepat bosan dalam melakukan bisnisnya tersebut.

Dalam dunia bisnis juga kita tidak boleh stop atau berhenti belajar. Jadi walaupun kita sudah mencapai di titik kejayaan kita pun, kita tidak boleh berhenti belajar mengenai bisnis ini, karena dunia bisnis sangatlah luas dan waktu ke waktu akan terus berkembang.

Dari webinar itu juga saya menjadi tahu bahwa banyak sekali pembisnis di Indonesia yang sukses. Dengan begitu saya sendiri menjadi termotivasi untuk mencobalah keluar dari zona nyaman saya. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan.

Fricillia Clara, XI MIPA 6

Yakin pasti bisa

Kebanyakan tentang bisnis yang dapatkan dalam webinar dengan narasumber dari Universitas Binus, Jakarta.

Di awal webinar ditunjukkan video mengenai 5 enterprenter muda Indonesia yang mendunia. Setelah itu kami diajak bermain oleh narasumbernya.

Kami diajak untuk menggambar 4 garis lurus yang harus memenuhi 9 titik-titik. Beliau mengatakan permainan ini untuk melatih kreatifitas.

Selain itu, saya juga mendapat informasi baru dari materi-materi yang disampaikan oleh narasumber webinar yaitu bapak Agustinus Dedy.

Peserta menyimak informasi dan penjelasan dari narasumber

Bapak Dedy mempresentasikan cara-cara untuk menjadi pembisnis yang sukses dan memiliki karakteristik enterprenter untuk belajar seperti

  • harus yakin pasti bisa
  • menyiapkan diri
  • tetap gigih walaupun gagal

Pada akhir webinar narasumber memutarkan video mengenai kisah sukses dari “Kopi Kenangan”. ***

Imaculatta Silky Venika Secanti/ XI IPS 2

Ignas Iwan Waning