SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
25
Mar 2022
USP 2022 Berbasis Android: Persiapan Lebih Maksimal

SELAMA tujuh hari, Senin-Senin (21-28 Maret 2022) SMA Xaverius 1 Palembang menyelenggarakan Ujian Satuan Pendidikan. USP menjadi salah satu syarat utama bagi kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Empat belas mata pelajaran yang akan diuji bagi setiap siswa-siswi kelas XII. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika (wajib), Penjas Orkes, Bahasa Inggris, Sejarah Indonesia, Prakarya dan Kewirausahaan, Seni Budaya, Ekonomi. Khusus bagi jurusan MIPA (Biologi, Kimia, dan Matematika (minat), dan Fisika), sedangkan untuk jurusan IPS (Geografi, Sejarah (minat), BDSI, dan Sosiologi).

Selama 120 menit peserta didik menyelesaikan tiap mapel yang diujikan. Tiap hari menyelesaikan 2 mapel.

Cella Permata Sari, siswi kelas XII IPS 1 dan Jessie Valencia Tannuwijaya, siswi kelas XII MIPA 5 membagikan secuil kesan selama persiapan dan pelaksanaan USP 2022 ini.

Mengatasi grogi

“Saya sangat bangga dengan diri saya yang bisa melewati USP ini hingga hari kelima (Jumat, 24/3) dan itu terasa sangat begitu cepat”, tulis Cella.

Untuk mengatasi rasa grogi dan lebih mematangkan persiapan, maka sebelum USP, Cella dengan cermat “mempersiapkan materi-materi yang akan saya pelajari sehingga memudahkan dalam proses pembelajaran”, aku Cella.

Cella mengakui “sejak hari pertama mengikuti USP ada rasa gugup dan takut tidak bisa menjawab soal ujian tersebut. Namun tidak disangka bahwa saya bisa menjawab soal-soal ulangan tersebut dengan baik dan maksimal. Saya merasa bahwa apa yang saya pelajari sebelum USP itu tidak sia-sia”.

Lebih fokus

Menurut Cella, memasuki hari-hari ujian berlangsung ada beberapa mata pelajaran yang menurutnya sulit, tetapi Cella tetap mengerjakan sebisanya dan mengisi semua soal-soal tanpa terlewatkan satupun sampai hari ini. Cella sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menjawab soal ujian tersebut.

Saya berharap ujian-ujian selanjutnya bisa mengerjakannya dengan lebih baik lagi dan belajar lebih semangat lagi serta lebih fokus dalam menjawab soal-soal tersebut agar mendapatkan hasil yang memuaskan, tutup Cella.

Memperbaiki kesalahan

Hal yang cukup berbeda dialami oleh Jessie. Siswi kelas XII MIPA 5 ini mengungkapkan “Selama USP rasanya tegang karena beberapa hasil TryOut (TO) jauh dari ketuntasan. Jessie berusaha mempersiapkan USP ini dengan lebih maksimal lagi”.

Untuk persiapan USP, Jessie mempelajari materi kelas X dan XI, karena saat TO saya hanya fokus mempelajari materi-materi yang baru dipelajari saja, alhasil saat TO beberapa soal tidak bisa saya kerjakan. Untuk itu, saya berusaha memperbaiki kesalahan tersebut, ungkap Jessie yang alumni SMP Xaverius Baturaja ini.

Bagi Jessie “selain pengerjaan soal, yang membuat saya tegang yakni Fly Examnya. Karena perlu menunggu jaringan dan loading-nya. Saya takut waktu saya mengerjakan soal jadi terpotong”.*** (Ignas Iwan Waning)