SEKILAS INFO
14-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
7
Jun 2021
Trik, Pengalaman Seputar Persiapan dan Pelaksanaan Lomba KSN 2021

PERLOMBAAN Kompetensi Sains Nasional (KSN) tingkat Kota Palembang pada tanggal 3 dan 4 Juni 2021. Di tengah mepetnya waktu persiapan lomba dan berbarengan dengan pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas, Melina, Grace dan Catherine hendak membagikan pengalamannya.

Melina Vaniatan menulis pengalamannya. Hal yang sangat berkesan bagi saya, khususnya pada saat persiapan lomba, yang pertama yaitu melalui lomba ini saya menjadi kenal dengan sosok seorang guru yang sebelumnya belum pernah saya temui dan bagi saya ucapan serta perlakuan beliau kepada kami terasa begitu tulus.

Beliau adalah Ibu Christine. Saat baru pertama kali bertemu dengan beliau saya merasa sangat respect karena pembawaan beliau yang sangat santai dan asik serta sangat jarang saya dengar beliau mengeluh.

Yang kedua, yaitu karena awalnya saya merasa sedikit minder dan takut tidak dapat mengimbangi teman-teman saya yang juga ikut di bidang Ekonomi, maka pada hari saya ditawarkan untuk mengikuti KSN, dengan penuh semangat saya segera mulai menyicil belajar untuk persiapan lomba ini hingga keterusan ke hari-hari berikutnya sebelum diadakan pelatihan dari sekolah.

Semangat ini tanpa disadari membuat saya semakin paham akan materi-materi yang sudah saya pelajari sejak kelas 10 serta banyak sekali hal-hal baru yang saya pelajari selama pelatihan berlangsung, kisah Melina, siswi kelas XI IPS 1 ini.

Memaksimalkan waktu

Hal lain dituturkan oleh Grace peserta lomba bidang Kimia. Lomba KSN bidang Kimia pada tanggal 3 Juni 2021. Demi mengikuti lomba bidang Kimia, maka saya harus ikut susulan Ujian Semester Akhir yang sudah dimulai tanggal 2 Juni 2021.

Sesungguhnya, saya merasa kurang nyaman jika mengikuti ujian/ulangan susulan, namun karena kali ini saya lebih fokus dan sangat bersungguh-sungguh ingin lolos ke tingkat selanjutnya, saya putuskan untuk mengikuti ujian susulan.

Memang berat karena terkadang hati dan pikiran saya tidak tenang, tapi tetap saya melakukan semuanya dengan maksimal. Tepat hari diadakannya lomba, saya sangat gugup karena sudah diberi tahu bahwa bidang Kimia hanya memiliki waktu 45 menit untuk mengerjakan 36 soal pilihan ganda.

Poin benar akan diberi 4 dan salah akan diberi -1 tetapi kosong akan diberi 0. Dengan taktik mengosongi jawaban yang benar-benar saya tidak tahu dan memaksimalkan waktu dengan baik saya dapat mengerjakan soal dengan baik.

Melina: Tekun dan sungguh-sungguh dalam belajar

Sebelum menjawab soal di layar komputer kami semua peserta perwakilan KSN dibidang masing-masing berdoa terlebih dahulu, meminta kelancaran dari Tuhan. Saya juga berharap bahwa saya mampu membawa nama baik sekolah, namun semuanya saya serahkan ke Tuhan karena tanpa bimbingan-Nya saya tidak bisa apa-apa.

Tawaran: Mengikuti Ekonomi atau Astronomi

Pengalaman berkesan lain seputar KSN 2021 ini disampaikan oleh Catherine. Siswi kelas XI IPS 2 ini menutukan awalnya saya diminta Bu Vero untuk mengikuti bidang KSN Ekonomi namun Bu Lidwina juga meminta saya mengikuti bidang Astronomi karena saya juga mengikuti ekstrakurikuler Astronomi. Tapi ternyata hanya boleh 1 bidang, jadi pihak sekolah memutuskan saya mengikuti bidang Ekonomi. Saya merasa bangga terhadap diri saya karena guru-guru sudah mempercayakan saya untuk mengikuti KSN Ekonomi begitupun juga Astronomi.

Pengalaman berkesan yang lain adalah saat pelatihan saya diberikan soa-soal yang bisa dibilang susah. Sulitnya soal-soal Ekonomi tersebut memotivasi saya dan merupakan kesempatan besar agar saya dapat mempelajari lebih dalam.

Saya diajarkan langsung oleh guru yang ahli di bidangnya. Jadi, saya lebih fokus saat pelatihan. Saat pelatihan saya juga melihat teman-teman yang lain terlihat sangat semangat dan fokus dalam mengikuti pelatihan KSN karena kita harus berjuang dengan maksimal agar dapat memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan nama baik sekolah kita, papar Catherine.** (Ignas Iwan Waning)