SEKILAS INFO
14-04-2024
  • 10 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
6
Agu 2022
Survey Lingkungan Belajar di Mata Guru

MAYORITAS Bapak Ibu guru SMA Xaverius 1 Palembang telah mengikuti dan mengisi ratusan butir pertanyaan berkaitan dengan Survey Lingkungan Belajar (SLB). SLB ini diperuntukkan bagi kepala sekolah dan guru.

SLB ini, sekurang-kurangnya, hendak memotret tentang lingkungan belajar di kelas dan di unit satuan pendidikan. Dalam proses mengisi SLB ini, segenap Bapak Ibu guru mengerjakan secara serentak di lantai 2 lab komputer ruang A dan ruang B, Jumat, 5 Agustus 2022.

Survey ini akan menjadi kunci kualitas bagi SMA Xaverius 1 jika sungguh-sungguh mengisinya dengan kejujuran dan keaktifan, harap Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Cegah narkoba

Bagi Bapak Sahala setidaknya ada 4 “harapan” yang ingin dilihat pemerintah tentang sekolah di Indonesia dari survey yang diadakan ketika menjawab pertanyaan terkait SLB.

Bapak Sahala Simamora, S.Pd, guru mata pelajaran Matematika berpendapat sekaligus berharap dengan mengisi SLB ini, misalnya:

  • Tentang kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas
  • Kecakapan guru dalam mengatasi permasalahan siswa dalam belajar atau menerima pembelajaran
  • Langkah yang dilakukan sekolah dalam pencegahan kenakalan remaja khususnya narkoba
  • Tindakan sekolah atau guru dalam mencegah atau menanggulangi perihal terjadinya bullying terhadap sesama siswa dan atau antara guru dan siswa.
Di Lab Komputer para guru sangat antusias mengisi Survey Lingkungan Belajar (Jumat, 5 Agustus 2022), foto: Ibu Yosepha.

Jika survey ini dijawab dengan benar dan jujur tentu pemerintah bisa membuat langkah-langkah kedepannya, harap Bapak Sahala.

Nasionalisme

Soal-soal dalam SLB tahun ini lebih detail atau lebih terperinci, kata Ibu Lilian Pelitasari, S.Pd, M.Si ketika ngobrol santai di ruang guru.

Beberapa pokok yang menjadi fokus dalam survey ini antara lain tentang nasionalisme, toleransi, dan keberagaman, kata Ibu Lilian yang mengajar mata pelajaran Kimia.*** (Ignas Iwan Waning)