SEKILAS INFO
14-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
19
Sep 2023
Strategi Lomba Debat, Cassandra: Tidak Terpancing Emosi dan Lebih Memikirkan Argumentasi Kontra

SMA Xaverius 1 | Senin-Selasa, 11-12 September 2023 di Indralaya, Universitas Sriwijaya menyelenggarakan lomba debat berbahasa Inggris. Tema lombanya “ASEAN Youth’s Role to Build a Better Future and Sustainable Prospect in The Region”.

Tim debat dari SMA Xaverius 1 Palembang diwakili oleh Cassandra Geraldine Felani (XII IPS 2), M. Fajar Rusyidi (XII IPS 2), dan Severinus Eirene (XI A.3.2).

Berikut komentar salah satu anggota tim debat, Cassandra Geraldine Felani berdasarkan pertanyaan yang disampaikan kepadanya.

Apa saja kekuatan (keunggulan) tim debat kalian?

Pertama, kami memiliki kerja sama yang bagus. Kami bisa membagi tugas dengan baik dan tepat. Semua anggota cepat tanggap dan mudah memahami mengenai mosi debat yang diberikan.

Kedua, kami sama-sama memiliki tujuan yang sama dalam lomba ini yaitu untuk menjadikannya sebagai pengalaman baru karena ini adalah lomba debat Inggris pertama bagi kami bertiga. Selain menjadikan sebagai pengalaman kami bertiga, kami sama-sama memiliki impian kuat untuk menang.

Ketiga, kami juga tidak mudah terpancing emosi ketika debat berlangsung dan lebih memilih untuk memikirkan argumen yang tepat untuk membalas argumen lawan.

Hal apa saja yang berkesan saat lomba berlangsung?

Semua sekolah yang ikut lomba ini memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat bagus. Intinya, mereka semua keren-keren.

Saya sangat terkesan ketika mereka menyampaikan argumennya. Semuanya memiliki alasan yang logis. Mereka memahami mosi debat yang diberikan dengan baik. Banyak juga di antara mereka yang tetap menghargai pendapat lawan.

Di lomba ini, saya belajar banyak dari jurinya karena setelah kita melakukan 1 ronde debat, akan ada feedback dari juri yang memberikan kita saran dan masukan agar kedepannya kita bisa lebih baik lagi.

Melalui feedback inilah, kami berkembang jauh lebih baik hingga akhirnya lolos sampai babak final.

Cassandra, mewakili Fajar dan Wewe memaparkan argumen-argumen kepada pihak tim lain.

Dengan hasil lomba yang diperoleh apakah sudah sesuai dengan target kalian atau tidak? Mengapa?

Sejauh ini, kami cukup puas dengan hasil lomba kami di peringkat kedua. Lagipula ini adalah lomba pertama kami, dan tentunya tidak mungkin kami bisa menjadi sangat bagus dalam sekejap.

Masih perlu latihan dan usaha-usaha kami selanjutnya agar kedepannya kami bisa meraih juara 1 dan berlomba dengan tim-tim yang tak kalah hebat dari kami. Tentunya kami juga mengucap syukur pada Tuhan yang sudah membantu kami dalam perlombaan kali ini.

Dari lomba debat ini, kami belajar banyak. Semoga kedepannya teman-teman (terutama adik kelas) juga tertarik untuk mengikuti lomba debat. Lomba debat itu seru dan membantu kita untuk berpikir cepat.

Tim fokus memikirkan argumen-argumen pro dan kontra.

Proficiat buat tim pelatih debat dalam bahasa Inggris yakni Pak Daniel dan Ibu Dian yang telah melatih. Apresiasi kepada tim debat bahasa Inggris: Cassandra, Fajar, dan Wewe yang telah menyiapkan dan melatih dengan sungguh sehingga meraih hasil yang baik.*** (Ignas)

Baca juga: Juara 2 Lomba Debat Bahasa Inggris, Cassandra: Impromptu dan Memberikan Argumentasi