SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
24
Jun 2022
Sejenak Menapaki Tempat Wisata di Pulau Bangka

SELAMA 4 hari, 3 malam (19-22 Juni 2022) guru dan karyawan SMA Xaverius 1 Palembang mengunjungi-rekreatif ke beberapa tempat wisata di Pulau Bangka.

Bersama Carnaval Holiday (tour and travel), Pak Hendra dan bu Wilianti, keluarga besar SMA Xaverius 1 hampir mengunjungi semua tempat wisata alam, tempat bersejarah, tempat rohani keagamaan. Kegiatan ini dikemas dalam bingkai “The best time travelling and refreshing”.

Lokasi dekat Batu Balai, batu yang menyerupai kapal terbelah.

Dua bus

Hari pertama, Minggu (19/6) rombongan melalui pelabuhan Boom Baru menuju Pelabuhan Tanjung Kalian (Mentok). Selama 3 jam lamanya, kapal Express Bahari menghantar penumpang tiba di Mentok dengan selamat.

Selama di Pulau Bangka dari suatu tempat wisata ke tempat yang lain, para tamu atau rombongan yang terdiri dari 47 orang (40 orang guru dan karyawan dan 7 orang anggota keluarga) menggunakan 2 bus pariwisata. Khusus pada hari pertama, tempat wisata yang dikunjungi yakni:

  • Pantai Tanjung Kalian (terdapat mercusuar yang dibangun Belanda tahun 1862 dengan ketinggian 56 meter). Tidak banyak peserta yang berani dan mampu menuju puncak mercusuar ini untuk menikmati pemandangan alam dan kota Mentok dari ketinggian 56 meter.
  • Wisma Ranggam atau Pasanggrahan BTW (tempat pengasingan Bung Karno)
  • Batu Balai (batu besar yang menyerupai kapal terbelah)
Rombongan (foto grup) dengan latar Mercusuar yang dibangun Belanda tahun 1862 dengan ketinggian 56 meter.

Otak-otak Belinyu

Hari kedua, Senin (20/6) rombongan menuju gua Maria Pelindung Segala Bangsa dan Jalan Salib di Belinyu. Setelah doa pribadi (bagi yang beragama Katolik) di depan gua Maria, rombong menikmati otak-otak khas Belinyu.

Selanjutnya rombongan menuju Pantai Tong Aci, Pantai Matras, Pantai Turun Aben, dan berwisata ke Pantai Parai.

Hari ketiga, Selasa (21/6) rombongan berkunjung ke Puri Tri Agung yang berada di Bukit Pantai Tikus, menuju obyek wisata Religi Pagoda Nusantara, Pantai Pasir Padi, dan akhirnya memandang akan indahnya Danau Dua Warna (biru dan hijau).

Tiba di Pelabuhan Tanjung Kalian, Mentok.

Setiap tempat wisata yang dikunjungi memiliki cerita dan kisahnya. Kisah dan pengalaman personal tersebut membawa makna.

Semoga perjalanan rekreatif ini selain sebagai bentuk refresing juga membawa pesan dan kisah yang menginspirasi!*** (Ignas Iwan Waning)