SEKILAS INFO
14-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
18
Mei 2023
Dodo dan Segudang Prestasi dalam bidang Taekwondo

DODO. Itulah sapaan sehari-hari pemilik nama lengkap Alfredo Filipi. Sejak usia dini mulai tertarik pada dunia taekwondo.

Siang kemarin, Rabu (17/5/2023) di Atrium St Yohanes Paulus SMA Xaverius 1 Palembang sedang berlangsung gladi bersih kesenian (proyek 3) bagi kelas X. Persiapan ini dalam rangka pentas kesenian yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 20 Mei 2023 mulai Pkl 09.00 – 12.00 WIB.

Alfredo ikut menyaksikan teman-teman (persisnya adik kelasnya dalam gladi kesenian). Saya menyapa Alfredo dan ngobrol sebentar di ruang guru. Setelah Alfredo merapikan bajunya, kami bahas seputar hobi dan prestasi yang Dodo raih dalam bidang taekwondo.

Dodo, namun saya lebih sering memanggilnya Alfredo. Alfredo kelahiran Palembang 11 Februari 2006.

Sesungguhnya sejak Alfredo masuk kelas 1 SD, Alfredo mulai aktif berlatih taekwondo. “Saya mulai taekwondo mulai sejak 1 SD tapi saya mulai aktif dalam pertandingan sejak di bangku kelas 9 (SMP kelas 3) sampai dengan sekarang”, tulis Alfredo.

Alfredo bercita-cita menjadi polisi. Dia juga ingin menunjukkan prestasinya dibidang non-akademik melalui jalur taekwondo. Prestasi Alfredo dibidang taekwondo, sedikit banyaknya akan membahagiakan kedua orangtuanya.

Kata Alfredo, “alasan saya terjuan ke dunia taewkondo bertujuan yang pertama ingin membahagiakan kedua orangtua saya. Selain itu, saya ingin mengejar prestasi saya dibidang non akademik agar saya bisa mencapai cita cita saya yaitu polisi”.

Tak dapat disangkal oleh Alfredo bahwa kedua orangtuanya sangat mendukung dan berperan aktif bagi Alfredo dalam meraih prestasi non akademik ini. “Yang sangat berjasa, pastinya kedua orang tua saya karena dari mereka saya semangat mengejar prestasi. Mereka selalu mendukung penuh aktivitas saya mengenai taewkondo. Selain itu, tentu pelatih saya yang memberikan ilmu-ilmu yang sangat penting bagi saya”.

Alfredo menyebut beberapa prestasinya dalam bidang taekwondo selama duduk di bangku SMA kelas X dan XI ini, antara lain:

  • Banyuasin 2021 juara 3
  • Sumsel open juara 2
  • Kejuaraan walikota cup juara 1
  • Kejuaraan piala koni Palembang juara 1
  • Kapolri cup juara 1
  • Kejuaraan dandim juara 1
  • Bupati cup Muara Enem juara 1

Saat ditanya tentang pengalaman bertanding yang sangat berkesan, Alfredo menjawab sata bertanding di Muara Enem memperebutkan Bupati Cup. Saat itu Alfredo menggai hasil maksimal. “Pretasi yang sangat berkesan adalah disaat saya bertanding di Bupati cup Muara Enem. Alasannya karena itu pertana kali saya bertanding di luar kota jauh dari mama papa. Saya berjuang bersama tim dan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan” tulis Alfredo.

Ke depan, Alfredo berharap, “saya ingin di masa SMA saya bisa mendapatkan juara di tingkat nasional atau pun internasional. Dengan demikian saya bisa membanggakan SMA Bangau dan membawa nama sekolah ini ke luar daerah. Tentu, dengan demikian saya bisa berhasil dalam menggapai cita cita”.

Itulah secuil hasil wawancara saya dengan Alfredo (Dodo), siswa kelas XI IPS 2 ini. Terus berlatih dengan sungguh-sungguh dan telaten agar cita-citamu Alfredo tercapai.** Ignas