SEKILAS INFO
17-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
2
Jun 2022
Persiapan PAS yang Efektif

SMA Xaverius 1 Palembang hendak melaksanakan penilaian akhir semester (PAS) genap 2022. Sejak 3-11 Juni 2022, peserta didik kelas X dan XI baik jurusan IPA maupun IPS mengikuti PAS di ruang kelas yang telah ditentukan panitia.

Agar persiapan PAS lebih efektif maka sangat dibutuhkan trik. Berikut pengalaman singkat dari Kathleen, Auryn, dan Ancilla.

Kathleen Avanya Griselda / XI IPS 3: membuat rangkuman

Kalau persiapan saya sebenarnya dimulai dari membuat rangkuman.  Hanya saya masih bingung mau buat atau enggak soalnya kalau dipikir-pikir kayak membuat rangkuman akan menghabiskan waktu yang lama, jadi mungkin saya akan menambahi saja beberapa materi esensial pada catatan.

Jadi, menurut Kathleen yang perlu dalam PAS adalah membuat rangkuman atau ringkasan serta melengkapi buku catatan.

Evangelia Auryn Fredella / XI MIPA 6: Ikut les tambahan

Waduh, menjelang PAS ini kebetulan Auryn banyak kegiatan di luar jadi untuk persiapan PAS sendiri belum terlalu banyak.

Tapi Auryn ada les tambahan di luar untuk beberapa mata pelajaran, khususnya yang ada hitungan (seperti : fisika, kimia, matematika, dll) jadi cukup membantu untuk persiapan.

Hari libur (1 Juni) dan hari tenang besok (Kamis, 2 Juni) juga sangat membantu untuk mengulang materi yang telah dipelajari selama pembelajaran kemarin.

Dalam berkat Tuhan melalui doa semoga pelaksanaan PAS lancar.

Auryn, siswi kelas XI MIPA 6, memaksimalkan hari tenang untuk belajar.

Bagi Auryn, hal-hal yang perlu dalam persiapan PAS yakni mengikuti les tambahan, memaksimalkan hari tenang dan mohon rahmat Tuhan.

Ancilla Vinta Nugraha / XI IPS 2: buat jadwal belajar

Persiapan saya untuk menghadapi PAS kali ini adalah saya sudah mulai membuat jadwal belajar khusus PAS. Jadwal belajar ini agar saya bisa membatasi waktu saya untuk bermain hp/aktivitas lainnya. Banyak waktu fokus untuk belajar.

Selain itu saya mulai mengumpulkan materi-materi yang harus dipelajari, menandai point-point penting dari setiap bab menggunakan highlighter/stabilo, dan yang terakhir saya baru membaca-baca serta sedikit menghapal materi tersebut, khususnya materi yang agak sulit dimengerti bagi saya.

Ancilla, siswi kelas XI IPS 2 menandai point penting dengan stabilo.

Jadi, menurut Ancilla agar PAS atau ujian lebih efektif maka perlu:

  • Membuat jadwal ujian
  • Kurangi bermain HP
  • Fokus belajar
  • Mengumpulkan materi yang harus dipelajari
  • Dengan stabilo menandai point penting
  • Membaca – menghafal materi yang sulit. *** (Ignas Iwan Waning)