SEKILAS INFO
17-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
21
Jun 2023
Perangkat Mengajar yang Sungguh Dipakai Saat Mengajar

SELAMA dua hari (Senin-Selasa, 19-20 Juni 2023) semua guru SMA Xaverius 1 Palembang mengikuti pelatihan kurikulum merdeka.

Tiga orang narasumber pelatihan kurikulum merdeka. Mereka adalah para pengawas sekolah dari Diknas Propinsi Sumatera Selatan yakni Drs H Muslim, M.Pd dan Dr Hj Rini Herlina, M.Pd. Sedangkan narasumber dari Diknas Pendidikan Kota Palembang yakni Yustinawati, M.Pd.

Merumuskan tujuan

Hari pertama, para peserta diperkenalkan tentang struktur kurikulum di ruang pertemuan, lantai 3. Selanjutnya para peserta dibagi dalam 3 kelompok besar untuk menganalisis capaian kompetensi (CP) pembelajaran serta merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan CP.

Setelah makan siang, ke 51 peserta didampingi oleh masing-masing narasumber dalam kelompok menyusun tujuan pembelajaran ke dalam alur tujuan pembelajaran (ATP).

Ibu Rini Herlina mendamping para guru dari mata pelajaran MIPA dan informatika. Bapak Muslim mendampingi rekan guru yang mengajar bidang IPS dan Bahasa, sedangkan Ibu Yustinawati mendampingi para guru yang mengampu mapel pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan Pancasila, PJOK, Seni dan BK.

Membuat modul ajar

Hari kedua, Senin (20/6) sebelum masuk ke kelompok-kelompok, para guru mendapat informasi berkaitan dengan pembelajaran dan asesmen di ruang pertemuan.

Di kelompok, para guru mendalami praktik pembuatan modul ajar serta mempresentasikan berdasarkan mata pelajaran.

Kepada segenap guru, Kepala SMA Xaverius 1 Palembang, Bapak Andreas Sudarsana, M.Pd berharap agar membuat perangkat pembelajaran yang benar-benar dipakai saat KBM.

Perangkat ajar yang telah dibuat hendaknya jangan disimpan dilemari atau laci meja. Perangkat yang telah dibuat mestinya digunakan saat KBM di kelas.

Para guru hendaknya mengikuti proses pelatihan selama 2 hari ini dengan baik dan dapat digunakan untuk anak didik.*** (Ignas)