SEKILAS INFO
01-03-2024
  • 9 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Rabu, 1 November 2023 s.d. Rabu, 31 Januari 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
7
Okt 2022
Selamat Jalan Ibu Helena Pende!

SELAMAT jalan ibu Helena dan bergabunglah dengan paduan suara malaikat surgawi”, kata Uskup Emiritus, Mgr Aloysius Sudarso, SCJ pada awal Misa Requiem atas meninggalnya ibu Helena Pende.

Berita meninggalnya ibu Helena Pende, sangat cepat beredar. Turut berduka, semoga berbahagia dan doa lainnya mengiringi perjalanan ibu Helena menuju rumah Bapak di surga itulah beberapa ucapan yang dapat dibaca dari beberapa grup WA.

Pendiri dan penggerak komunitas Orang Tua Bahagia (OTB) ini menghebuskan nafas terakhir pada Selasa, 4 Oktober 2022, Pkl 14.16 WIB di rumahnya, Sako Kenten Palembang.

Sebelum dimakamkan di Pemakaman St Asisi Gandus Palembang, diselenggarakan Misa Requiem bagi almarhumah ibu Helena di Gereja Paroki St Petrus Palembang, Kamis (6 Oktober 2022, Pkl 09.30 – 11.30 WIB).

Warna liturgi putih

Uskup Emeritus KAPal, Mgr Aloysius Sudarso, SCJ didampingi puluhan imam memimpin misa requiem bagi Ibu Helena. Tidak sedikit kaum biarawan dan biarawati serta umat beriman Kristiani ikut mendoakan untuk keselamatan jiwa Ibu Helena Pende dalam Perayaan Ekaristi. Perayaan iman yang meriah dan agung ini disemarakan oleh gabungan kelompok paduan suara.

Pastor Paroki St Petrus Kenten, Romo Y Harry Subekti, SCJ dalam homoli singkatnya mengatakan “Melalui pihak keluarga bu Helena, Ibu Helena berpesan agar memakai warna liturgi putih ketika saya ‘pulang’. Hal ini telah kita turuti, perayaan liturgi, Misa Requem ini berwarna liturgi putih. Itulah permintaan beliau”, jelas Romo Harry.

“Janganlah kamu bersedih seperti orang yang tidak punya pengharapan”, tegas Pastor Harry.

Riwayat singkat Ibu Helena Pende menurut data yang diperoleh dari Pak Petrus dan dibacakannya selaku MC di Gereja sebelum Misa Requiem.

  • Nama  : Helena Pende, B.A
  • Lahir    : Wangka, Flores, 4 April 1947
  • Wafat: Palembang, 4 Oktober 2022 (Usia 75 tahun)

Karya-kerja-pelayanan

  • 1 Oktober 1984 – 4 April 2007
    • Pengajar bidang Sosiologi dan Bahasa Jerman di SMA Xaverius 1 Palembang
    • Pembina atau pendamping kelompok paduan suara (koor), Saint Francis hoir di SMA Xaverius 1 Palembang
  • Tahun 1993-1996
    • Menjadi Wakil Kepala Sekolah di SMA Xaverius 1 Palembang

Selain itu, Ibu Helena Pende sangat aktif melatih kelompok-kelompok koor (padus) dan dirigen yang ada di kota Palembang.

Ave Maris Stella adalah salah satu kelompok koor Ikatan Keluarga Flores Palembang. Kelompok koor ini mendapat perhatian dan pendampingan serius dari Ibu Helena.** (Ignas)

Baca juga: Evelyn Natania: Pembelajaran Tidak Sekedar Teori