SEKILAS INFO
20-01-2022
  • 4 bulan yang lalu / Penerimaan siswa-siswi baru SMA Xaverius1 Palembang Jalur PMK akan di buka Tgl 1 September – 30 September 2021, ayo silahkan bergabung dan segera daftar secara online melalui situs resmi ppdb SMA Xaverius 1 : ppdb.smaxaverius1.sch.id
  • 4 bulan yang lalu / Penerimaan siswa-siswi baru SMA Xaverius1 Palembang Jalur PMK akan di buka Tgl 1 September – 30 September 2021, ayo silahkan bergabung dan segera daftar secara online melalui situs resmi ppdb SMA Xaverius 1 : ppdb.smaxaverius1.sch.id, atau bisa melalui klik link di menu¬† Portal SMA Xaverius 1 website ini.
9
Des 2021
Pengalaman PAS Ganjil secara Offline: Perasaan Tegang namun Menyenangkan

SELAMA delapan hari SMA Xaverius 1 Palembang menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil 2021 secara offline (tatap muka). Berikut ini Evangelia Auryn Fredella, siswi kelas XI MIPA 6 ini membagikan pengalamanya berkaitan dengan PAS ganjil.

Tidur larut malam

Satu semester sudah berlalu, sangat tidak terasa. Dimulai dari tanggal 29 November – 8 Desember 2021, yang dimana bisa dikatakan bahwa pengalaman pertama kalinya saya merasakan ujian tatap muka selama saya duduk di bangku SMA.

Awalnya takut, tegang, bingung akan bagaimana perjalanan melewati masa PAS ini yang diselenggarakan di sekolah. Sebelumnya selalu dengan suasana sendirian di kamar sembari menatap layar perangkat, serta hanya diawas oleh para guru melalui zoom meeting, tiba-tiba harus datang ke sekolah berdekatan dengan teman dan diawas secara langsung oleh guru.

Selama PAS ini, banyak sekali yang saya lewatkan, mulai dari belajar yang lebih ekstra untuk mengurangi rasa gugup ketika ujian berlangsung, bangun pagi dan tidur larut malam mempersiapkan segala hal agar ujian berlangsung dengan lancar, juga supaya hasilnya dapat memuaskan dan membanggakan banyak orang.

Ketika mengerjakan soal, saya merasa sedang benar-benar mengerjakan ujian, tidak seperti jika ujian dari rumah. Rasa tegang terburu-buru serta tatapan langsung guru kembali bisa dirasakan. Senang bercampur gugup merupakan dua kata yang bisa saya gunakan untuk menggambarkan PAS kali ini.

Saling membantu

Saya juga bisa merasakan semangat dari setiap teman-teman yang ada disekitar saya. Dengan bertemu teman-teman sebelum dapat membuat saya lebih semangat di pagi hari untuk memulai aktivitas dan mengerjakan ujian. Berbagi pengalaman belajar juga menjadi hidup dan menyenangkan, saling membantu untuk memahami materi, yang tentunya tidak dilakukan ketika ujian berlangsung.

Di lain sisi, pengalaman ujian tatap muka pertama dengan tetap menggunakan media online cukup menarik bagi saya. Saya melihat bahwa setelah beberapa tahun ketergantungan kita terhadap media online memberikan suatu perubahan yang membuat kita menjadi lebih praktis dan menghemat kertas.

Auryn (paling kanan) bersama sahabatnya (dari kiri): Michella, Naomi, Avril, dan Rubina.

Saya berharap untuk hasil yang memuaskan dari hasil kerja keras saya dan juga teman-teman semua. Semoga apa yang diharapkan teman-teman semua dari semester ini dapat dicapai dengan baik dan semua hal yang telah diterima dapat bermanfaat bagi kita semua.***