SEKILAS INFO
27-01-2023
  • 2 minggu yang lalu / Peserta TES I PPDB 2023 Yang Diterima Untuk Jadwal Wawancara dan Penyerahana Berkas pada : Senin, 16 Januari 2023 mulai Pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB
2
Okt 2021
Pelaksanaan Asesmen Nasional secara Jujur dan Berintegritas

AKHIRNYA, 58 guru SMA Xaverius 1 Palembang telah mengikuti Asesmen Nasional (AN). AN diwajibkan bagi semua guru untuk survei lingkungan belajar.

Selain guru dan kepala sekolah SMA Xaverius 1, 45 siswa/i juga diwajibkan mengikuti AN (Rabu, 29/9/2021).

Secara serentak, pelaksanaan AN mulai 27-30 September 2021. Melalui web kemdikbudristek.go.id sangat diharapkan secara jujur dan berintegritas.

Integritas

Melaksanakan AN secara jujur dan berintegritas dalam jangka waktu 4 hari diharapkan mendapatkan data yang benar serta menjadi dasar perbaikan yang akurat.

Berkaitan Asesmen Nasional (AN) untuk guru dengan materi survei lingkungan belajar bersifat mandiri, maka diharapkan guru mengerjakan secara pribadi, tulis Kepala SMA Xaverius 1 Palembang, Ibu Dra MM Estri Murwani, M.Si di grup wa guru dan karyawan.

“Bapak dan ibu diberi kebebasan untuk mengisi sesuai dengan nurani”, tulis Ibu Kepsek.

“Asesmen Nasional bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat untuk perbaikan kualitas pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas peserta didik”, tulis Ibu Estri.

Ibu Estri yang pernah mengampu mata pelajaran Kimia di SMA Xaverius 1 Palembang menegaskan, kalau kita (guru dan siswa) mengisi secara benar dan bagus semua maka kita tidak perlu memperbaiki lagi.

“Kita perlu riil mengisi data-data dalam AN. Kalau memang kita kurang, ya harus mengakui kekurangan tersebut sehingga kita bisa memperbaikinya”, tegas Ibu Estri.

Kualitas sekolah

Josephine Jeanny Kosasih salah satu peserta mewakili 45 siswa/i AN mengatakan AN dimaksud untuk mengetahui kualitas sekolah.

“AN ini menjadi tolak ukur untuk menilai apakah sekolah tersebut memiliki kualitas yang baik seperti yang di harapkan banyak orang atau tidak”, tulis siswi kelas XI MIPA 6 ini.

Lebih jauh Josephine mengatakan “saya mendapatkan pengalaman, dan motivasi baru setelah mengerjakan soal-soal AN kemarin”.

Sesungguhnya, “soal AN tersebut benar-benar membuat saya berfikir menurut logika dan fakta-fakta yang ada, menurut saya itu hal yang seru”, tulis Josephine kelahiran Palembang, 01 Januari 2006 ini.

Alumni SMP Xaverius 6 Palembang ini berharap, “dengan mengikuti AN ini dapat meningkatkan kualitas sekolah menjadi lebih baik lagi”.*** (Ignas Iwan Waning)

Agenda

27 Januari
waktu : 0800

Imlek Bersama

13 Februari
18 Februari
waktu : 07:00

Isra Mi’raj