SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
5
Nov 2023

Apa yang perlu dipersiapkan ketika hendak melakukan perjalanan ke luar negeri? Paspor, visa, kartu identitas, tiket pesawat, dan asuransi perjalanan merupakan beberapa dari banyak dokumen yang wajib diperlukan. Namun, selain semua dokumen tersebut, mata uang yang sesuai dengan negara tujuan juga menjadi aspek yang tak boleh diabaikan. Bagaimana kita tahu uang yang kita tukar sudah sesuai dengan kebutuhan kita? Bagaimana jika uang yang kita tukar ternyata masih kurang di negara tujuan? Jika anda berencana untuk menukar uang, anda mungkin berpikir untuk pergi ke money changer, namun mungkin bingung mencari tempat yang tepat. Namun, jangan khawatir, tahukah anda bahwa ada suatu kebijakan istimewa yang dihasilkan dari Presidensi G20 Indonesia 2022, yang memungkinkan anda untuk menjelajahi kawasan Negara-negara ASEAN tanpa perlu repot-repot menukar mata uang.

Sumber Gambar www.bi.go.id

Dikutip dari Bank Indonesia, QRIS Cross Border (QRIS antarnegara) merupakan sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara. Saat ini, QRIS Cross Border sudah dapat digunakan di Negara Thailand dan Malaysia. Transaksi dengan QRIS Cross Border adalah solusi transaksi yang memudahkan dalam proses pembayaran lintas negara dengan menggunakan mata uang asal negara. Bagaimana cara kerjanya? Misalnya, saat Anda berpergian ke Malaysia, saat berbelanja dan membayar, Anda tinggal menscan kode QR yang disediakan menggunakan aplikasi mobile banking atau aplikasi dari negara asal, kemudian memasukkan nominal transaksi yang sesuai. Apa keuntungan dari hal tersebut? Dikutip dari kompas.com transaksi menggunakan QRIS memberikan keuntungan bagi wisman, salah satunya nilai tukar mata uang yang lebih murah. Hal tersebut dimungkinkan karena penyelesaian transaksi RPC (Regional Payment Connectivity) yang menggunakan mata uang lokal (Rupiah, Ringgit, atau Bath), sehingga meniadakan penggunaan Dollar AS sebagai perantara.

sumber gambar www.bi.go.id

Sektor pariwisata di Indonesia terus berkembang pesat. Menurut liputan6.com, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia terus meningkat. Bank Indonesia juga mencatat bahwa QRIS Cross Border memiliki potensi untuk meningkatkan transaksi UMKM, karena memudahkan konsumen mancanegara dalam bertransaksi saat membeli produk lokal. Dalam konteks sektor pariwisata, ini berarti bahwa para wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dapat dengan mudah menggunakan QRIS Cross Border untuk bertransaksi selama berlibur di tanah air. Dengan begitu, QRIS Cross Border menjadi inovasi yang mendukung perkembangan sektor pariwisata Indonesia dalam era modern ini. Kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang didorong oleh QRIS Cross Border juga menciptakan peluang kerja dan pendapatan tambahan bagi masyarakat lokal. Dengan semakin banyaknya transaksi lintas negara yang menggunakan QRIS, pelaku UMKM di Indonesia dapat memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke tingkat internasional. Selain itu, QRIS Cross Border memperkuat citra Indonesia sebagai tujuan wisata yang ramah dan modern, memberikan pengalaman berlibur yang lebih praktis dan nyaman bagi wisatawan dari seluruh dunia.


Jadi, dengan hadirnya QRIS Cross Border, inovasi untuk transaksi lintas negara, perjalanan dan bertransaksi di kawasan negara-negara ASEAN menjadi lebih mudah. QRIS Cross Border ini memungkinkan wisatawan untuk bertransaksi dengan nilai tukar mata uang yang lebih menguntungkan, tanpa perlu melibatkan Dollar AS sebagai perantara. Ini membantu perkembangan sektor pariwisata dan UMKM di Indonesia, serta mendorong kemudahan bagi para wisatawan mancanegara yang mengunjungi negara ini. Dengan QRIS Cross Border, transaksi lintas negara di kawasan ASEAN menjadi lebih efisien dan hemat biaya. QRIS ini juga mendukung pertumbuhan bisnis lokal, memungkinkan pengusaha kecil dan menengah untuk lebih mudah berpartisipasi dalam pasar global. Selain itu, ini merupakan langkah positif dalam mempromosikan integrasi ekonomi ASEAN dan memperkuat hubungan antarnegara di kawasan.

QRISnya satu, menangnya banyak!”

“participant of BI Digital Content Competition 2023”

Sumber Referensi: