SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
4
Mar 2022
Mengupas Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

BANGGA memiliki rekan seprofesi-guru yang memiliki kemampuan menulis-membuat buku. Dia adalah Bapak Herman Yosep Sunu Endrayanto, M.Si. Guru Ekonomi SMA Xaverius 1 dan Seminari Menengah Santo Paulus Palembang ini telah menghasilkan beberapa buku.

Penulis produktif

Guru senior ini boleh dibilang sebagai penulis buku yang produktif. Beberapa buah karya ilmiah-intelektual yang telah dihasilkan (berupa buku) antara lain How to Think Not What to Think  (2015), Aplikasi Rubrik Untuk Penilaian Belajar Siswa (revisi) (2017), Teknik Penilaian Kinerja untuk Menilai Keterampilan Siswa  (2019), dan Pedoman Pendidikan Karakter Kexaveriusan Yayasan Xaverius Palembang (2021).

Buku Strategi Menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) yang akan ditilik ini merupakan karya terbarunya. Buku setebal 199 ini diterbitkan akhir 2021 lalu oleh PT Kanisius Yogyakarta.

Penulis (Pak Herman, biasa disapa) mengakui bahwa buku terbarunya melalui proses panjang. Sekitar sejak 15 tahun lalu, 2006, penulis mulai mengenal dan mendalami keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thingking skills, HOTS) ini.

Keprihatinan

Sejak lama ketertarikan penulis untuk mendalami atau menggarap tema ini. Selain mempraktekan strategi ini dalam proses pembelajaran, penulis selalu membaca referensi (buku dan jurnal) serta mendiskusikan dengan rekan guru.

Lahirnya buku ini tidak lepas dari aneka keprihatinan terutama ketertinggalan pencapaian pendidikan kita dibandingkan dengan negara lain. Hal itu sejalan dengan rendahnya kemampuan siswa berpikir dan bernalar.

Buku yang terdiri dari 5 bab ini (tidak termasuk bab pendahuluan) memberikan gambaran yang gamblang misalnya, antara lain tentang prinsip-prinsip menilai berpikir tingkat tinggi (bab 2) serta langkah-langkah pembuatan soal dan tugas untuk menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi (bab 3).

Habitus baru

Teristimewa buku “Strategi menilai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS)” ini diperuntukan bagi para pendidik, guru.

Buku ini sangat membantu para guru dalam membimbing para peserta didiknya agar para siswa memiliki kemampuan berpikir yang berkembang dan menciptakan habituasi (kebiasaan) berpikir kritis, berpikir analitis, berpikir kreatif, dan solutif.*** (Ignas Iwan Waning)

Data Buku:

  • Judul: Strategi Menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
  • Penulis: Herman Yosep Sunu Endrayanto
  • Penertbit: PT Kanisius Yogyakarta, 2021
  • Tebal: 199 halaman