SEKILAS INFO
14-04-2024
  • 10 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
20
Mar 2023
Mengapa Saya Mengikuti Misa Kudus Pada Hari Minggu

JUMAT siang, seusai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dilanjutkan dengan Pendalaman Iman (PI). Kegiatan ini hanya bagi siswa-siswi yang beragama Katolik. Jadwal rutin ini telah berlangsung lama di sekolah yang berciri khas Katolik.

Jumat, 17 Maret 2023 kemarin, saya menyampaikan katekese ringan tentang “hari Minggu”. Peserta dalam katekese ini adalah siswa-siswi yang beragama Katolik dari kelas XI MIPA 1, 2, 3, dan 4.

Biasanya kelas-kelas di atas didampingi oleh Bapak Y Wahyudi,S.Pd. Berhubung pada hari tersebut, Bapak Wahyudi berhalangan maka saya diminta untuk menggantikannya.

Sederhana, relevan dan gampang dicerna merupakan impian saya dalam proses mendampingi atau katekese bagi grup pendalaman iman. Untuk menggapai mimpi tersebut tidak serta merta gampang dilaksanakan. Butuh latihan (jam terbang) yang kontinue serta persiapan yang memadai agar hasilnya maksimal.

Secara sederhana, hari Minggu merupakan hari Tuhan. Maka, sepantasnyalah, sebagai umat Katolik, pada hari Minggu hendaknya ke Gereja untuk mengikuti Perayaan Ekaristi atau Misa Kudus.

Berikut petikan alasan dan sharing pengalaman iman dari beberapa peserta PI mengapa mengikuti Misa pada hari Minggu.

Berkat Tuhan

Saya mengikuti Misa untuk menyembah Tuhan dengan segenap hati, mendengarkan Firman Tuhan, serta hidup seturut kehendak Yesus, tulis Katherine V Leksono, siswi kelas XI MIPA 3 dan asal Paroki Katederal Sta Maria Palembang.

Siswi kelas XI MIPA 4, Lucya Roselin mencatat keaktifannya mengikuti Misa Kudus semula karena kewajiban (sesuai dengan salah satu dari lima Perintah Gereja), juga hendak mendapat berkat Tuhan, memohon pengampunan dari Tuhan, tulis Lucya asal Paroki St Petrus Kenten.

Mendekatkan diri kepada Tuhan, memperkuat iman serta bersyukur kepada Tuhan merupakan alasan dasar Verena Sukanto (XI MIPA 1), asal Paroki Hati Kudus selalu mengikuti Misa di Gerejanya.

Jalan Serta Yesus, merupakan salah satu lagu rohani yang mengajak umat beriman untuk menyertai Tuhan dalam segala aktivitasnya.

Alesandria R, siswi kelas XI MIPA 4 menulis keikutsertaan dalam Misa di Gereja pada hari Minggu karena salah satu hukum Tuhan “Kuduskanlah Hari Tuhan”. Yang terpenting adalah saat penyambutan Tubuh dan Darah Kristus.

Ketenangan

Hal sederhana lain ditulis oleh Natasha, alasan mengikuti Misa untuk mendapatkan ketenangan dari Tuhan. Itulah refleksi singkat dari siswi kelas XI MIPA 1 dan asal Paroki Sta Maria.

Kuselalu mengikuti Tuhan dan perintah-Nya. Mendengarkan Firman-Nya dalam Perayaan Ekaristi. Akhirnya menjadi serupa dengan Yesus, tulis Brigitta Elleorra, siswi kelas XI MIPA 1 dan asal Paroki Sanfrades.

Mengikuti Misa Kudus agar mendapatkan ketenangan dan kedamaian serta bertemu-berkomunikasi dengan Tuhan, tulis Brigita Astrid, siswi asal Paroki Katedral St Maria.

Pencerahan

Teman sekelas Brigita, Prisilia Setya Amanta, siswi kelas XI MIPA 3 menulis keikutsertaan dalam Misa. Alasan umat Paroki St Petrus ini mengikuti Perayaan Ekaristi untuk menerima Tubuh dan Darah Kristus serta melaksanakan Tugas Gereja.

Bisa mendapatkan pencerahan jika sedang mengalami masalah. Memperbaharui diri jika menjadi pribadi yang lebih baik serta mendapatkan pengampunan Tuhan, inilah refleksi dari Caroline Frelisa, siswi kelas XI MIPA 4 dan asal Paroki St Yoseph.

Tuhan senantiasa menyertai umat-Nya dan sebagai bentuk sykur-pujian bagi kemulian-Nya, tulis Viola Angelia Winanda, siswi kelas XI MIPA 3 dan asal Paroki St Petrus.*** (Ignas)