SEKILAS INFO
28-09-2022
  • 1 minggu yang lalu / PAGI ini (Senin, 19 September 2022) Upacara Bendera di lapangan sekolah, pkl 07.00 – ss.
  • 1 minggu yang lalu / Selamat kepada Inaayah Mufidah, siswi kelas XII MIPA 3 atas prestasinya terpilih sebagai Putri Sriwijaya 2022.
  • 1 minggu yang lalu / KELUARGA Besar SMA Xaverius 1 Palembang mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Ibu Theresia Suyanti (Palembang, 16 September 2022), Istri dari Bapak Budiono. RIP Ibu Suyanti.
20
Sep 2022
Menambah Ilmu Pengetahuan dengan Mengunjungi Tempat Bersejarah

MENGISI waktu luang diakhir pekan dengan sesuatu yang bernilai lebih. Itulah yang dilakukan oleh sebagian besar siswa-siswi SMA Xaverius 1 Palembang kelas XII IPS 1, 2, dan 3. Sekitar 70-an peserta didik jurusan IPS mengadakan study tour dengan mengunjungi monumen bersejarah, Sabtu (17 September 2022).

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) adalah dua tempat sejarah yang dikunjungi selama lebih kurang empat jam diakhir pekan kemarin.

“Di museum, benda-benda bernilai sejarah diperkenalkan kepada para siswa-siswi bagaimana perjuangan rakyat Palembang dalam melawan para penjajah” merupakan salah satu tujuan kegiatan kata Pak Oscar, salah seorang guru pendamping.

Selain pak Oscar, puluhan pengunjung didampingi oleh ibu Linda dan ibu Yosepha. Mereka adalah guru yang mengajar mata pelajaran sejarah baik di kelas X, XI maupun kelas XII.

Baca juga: Study Tour ke Museum dan Monpera

“Saya sangat berkesan dengan benda-benda bersejarah yang ada di museum tersebut”, kata Jocelyn, siswi kelas XII IPS 1.

Selain Jocelyn, Kayla teman sekelas Jocelyn mengatakan “senang boleh belajar di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Hal ini sangat membantu kami sebab mengingatkan kembali akan mata pelajaran sejarah yang telah kami pelajari saat di kelas XI, misalnya tentang Kerajaan Sriwijaya”.

Secara umum peserta didik “merasa happy, bisa refreshing dan sekaligus menambah ilmu pengetahuan”, sambung pak Oscar.*** (Ignas)

Baca juga: Mgr Harun Yuwono: Saya Tidak Mentolerir Atas Kasus Pelanggaran Moral

Kategori

Agenda