SEKILAS INFO
17-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
8
Feb 2024
Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Cassandra: Prospek Karier Terbuka Lebar

DALAM hitungan bulan, peserta didik kelas XII akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi idamannya. Banyak faktor menjadi pertimbangannya.

Berikut, wawancara singkat (Kamis, 8/2/2024) dengan Cassandra, siswi kelas XII IPS 2 berkaitan dengan jurusan yang hendak ditekuninya setelah menyelesaikan SMA Xaverius 1 Palembang. Secara akademik, Cassandra di kelas selalu mendapatkan nilai terbaik.

Cassandra, saat kuliah nanti hendak memilih jurusan apa?

Jurusan Ilmu Komunikasi

Mengapa memilih jurusan Ilmu Komunikasi?

Saya tertarik untuk mempelajari tentang ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi mengajarkan kita untuk memahami bagaimana teknologi dan media sosial mempengaruhi cara kita berkomunikasi. Hal ini sangat baik karena sekarang kita hidup di era digital. Jadi dengan kemampuan analisis teknologi dan media saya bisa terus mengikuti perkembangan zaman dan tahu cara agar suatu brand atau produk bisa tetap “stay in trend”.

Selain itu, prospek karier ilmu komunikasi termasuk luas. Dengan demikian saya tidak perlu khawatir tidak mendapat pekerjaan. Bagi saya, justru dengan ilmu komunikasi sangat terbuka pekerjaan di berbagai bidang.

Rencana Cassandra mau kuliah di mana?

Universitas Indonesia

Mengapa memilih kuliah di Universitas Indonesia (UI)?

  • Karena Universitas Indonesia adalah perguruan tinggi negeri nomor 1 di Indonesia.
  • UI sudah terkenal akan alumni-alumninya yang sukses.
  • UI memiliki akreditas yang sangat baik.
  • Di UI juga memiliki jurusan ilmu komunikasi yang terbaik.

Itulah beberapa alasan saya memutuskan untuk ingin masuk di UI.

Cassandra Geraldine Felani berusaha mempertahankan prestasi akademik.

Apa saja usahamu agar bisa diterima di UI?

  • Tentu saja, saya mempertahankan nilai rapot saya dari kelas X-XII.
  • Saya berusaha untuk meningkatkan grafik nilai saya.
  • Saya juga berusaha agar tetap ranking 1 di kelas dan mempertahankan ranking umum 1 yang meski terkadang saya bisa turun dari peringkat tersebut.
  • Saya juga aktif ikut organisasi di sekolah seperti OSIS dan GITA.
  • Lalu, saya mencoba mengikuti berbagai perlombaan agar mendapat sertifikat.
  • Hal yang terakhir namun yang terpenting adalah saya berdoa dan mengandalkan Tuhan, sebagai orang Katolik saya juga berdoa Novena 3 Salam Maria sebagai bentuk untuk menyampaikan permohonan saya terhadap masa depan saya.

Terima kasih Cassandra yang telah membagikan pengalaman baikmu. Sukses selalu Cassandra untuk meraih mimpimu. Tuhan memberkati.*** (Ignas)