SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
16
Mar 2022
Lesson Study Menghadirkan Paradigma Baru dan Perubahan

SOSIALISASI penerapan lesson study planning selama dua hari. Semua guru SMA Xaverius 1 ikut terlibat dalam sosialisasi dalam dua hari, Senin dan Selasa (14 dan 15 Maret 2022).

Demi mematuhi protokol kesehatan, bapak ibu guru dibagi dua kelompok besar berdasarkan mata pelajaran. Antusiasme para guru atas program bidang kurikulum ini disambut dengan baik demi pengembangan kinerja guru.

Semangat berbagi adalah roh dari lesson study planning ini, kata Bpk R Eko, dalam doa pembuka di hari kedua (15/3).

Strategi mengajar

Supervisi pengajaran (akademik) bagi bapak ibu guru dilaksanakan setiap semester. Supervisi wajib dilakukan. Hasil supervisi penuh dengan dinamika. Rintangan yang tidak ringan terjadi selama supervisi selama masa pandemi ini, sebut diantaranya kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online, PTM (pelajaran tatap muka) terbatas 50%, dan seterusnya.

Supervisi menghadirkan perubahan bagi para guru dalam cara atau teknik mengajar, kata Kepala Sekolah, Ibu Estri Murwani dalam sambutan singkatnya. Tujuan pokok dari supervisi adalah “memperbaiki cara atau metode mengajar”, kata Ibu Estri.

Hasil maksimal

Semua tahapan dan rangkaian supervisi telah dilakukan: micro-teaching, evaluasi, koreksi, saran dan masukkan. Namun semangat perubahan pengajaran yang efektif dan kegiatan MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) yang bermakna dan fundamental belum menunjukkan hasil yang maksimal.  Atas dasar itulah pilihan bijak melaksanakan lesson study planning, sebut Ibu kepala sekolah.

Dalam konteks pandemi melalui evaluasi yang cukup mendalam, lesson study merupakan bentuk komplementer antara supervisi dan MGMP yang diharapkan mendatangkan pengaruh positif dan daya gerak bersama menuju pendidikan yang berkualitas, jelas Ibu Estri yang didampingi wakil bidang kurikulum, Ibu Maria.

Peserta sosialisasi lesson study hari kedua, Rabu (15 Maret 2022)

Pilihan terhadap lesson study tanpa mengabaikan evaluasi atau koreksi. Lesson study tetap ada evaluasi atau saran perbaikan dari rekan guru sejawat.

Format khas

Lesson study merupakan model pembinaan profesi pendidik antar-guru. Model ini mengikuti 3 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi.

Selain menghasilkan kualitas pembelajaran yang maksimal dan bermakna, lesson study diharapkan SMA Xaverius 1 Palembang bisa memiliki atau mendapatkan format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) khas dan pas serta terbaik bagi sekolah kita.** (Ignas Iwan Waning)