
LESSON study adalah salah satu program unggulan bidang kurikulum SMA Xaverius 1 Palembang, pada semester genap ini, 2022. Dengan persiapan dan pelaksanaan lesson study sangat diharapkan proses pembelajaran di kelas tidak monoton tetapi semakin efektif, bermakna serta berkualitas.
Selasa, 17 Mei 2022 pelaksanaan lesson study dalam bidang studi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Pelaksanaan lesson study di kelas XI MIPA 6, pada jam ke 3 dan 4 ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana awal dengan topik eutanasia.

Eutanasia dalam bahasa Yunani berasal dari kata “Eu” = baik dan kata “Thanatos” = mati. Secara sederhana eutanasia berarti kematian yang baik, kematian secara baik.
Secara berturut-turut, berikut penuturan (kesaksian) dari dua siswi kelas XI MIPA 6 yakni Fricillia Clara dan Natasya Chandra.
Hal baru
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Ignas atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk memandu kegiatan debat kemarin (Selasa, 17 Mei 2022).
Menurut saya kegiatan lesson study ini sangat mengasyikkan sekali, dan sangat jarang sekarang saya menemui guru yang menggunakan metode pembelajaran seperti ini sehingga mungkin akan menjadi suatu yang baru bagi sebagian orang.
Berpikir kritis
Hal-hal baik yang didapatkan selama lesson study kemarin banyak banget ya, mulai dari melatih kita untuk berpikir kritis apalagi kemarin kita menggunakan sistem debat sehingga dapat melatih siswa-siswi untuk berani mengutarakan argumennya serta menyanggah argumen lain.
Dengan adanya kegiatan lesson study ini juga dapat melatih kami untuk mencairkan suasana di dalam kelas itu sendiri, maksudnya ialah yang biasanya memulai topik pembelajaran ialah guru sedangkan dengan lesson study ini dapat melatih siswa/i memulai topik pembelajaran termasuk pengembangan topik pembelajaran itu sendiri.
Melatih public speaking
Selain itu juga, dari saya sendiri saya belajar banyak dari memandu debat kemarin. Awalnya saya sangat tidak percaya diri, karena ini pertama kalinya saya menjadi moderator debat. Tetapi dari pengalaman baru ini, saya menjadi bisa lebih melatih public speaking saya. Selain itu juga dapat melatih kepercayaan diri saya dalam memandu suatu kegiatan walaupun saya sedikit deg-degan tetapi lama kelamaan saya menjadi lebih enjoy dengan kegiatan pembelajaran kemarin.

Menurut saya dengan lesson study ini juga dapat lebih membuat siswa-siswii paham terkait materi yang diajarkan, karena siswa-siswi melibatkan dirinya di dalam topik tersebut. Mungkin cukup sekian pendapat saya terkait kegiatan lesson study kemarin, saya berharap kegiatan lesson study seperti kemarin dapat dilakukan secara sering di dalam kelas.
Selanjutnya Natasya menyampaikan pendapatnya dengan aktivitas pembelajaran dalam konteks lesson study yang terjadi dikelasnya.
Komunikatif dan fokus
Menurut saya kegiatan lesson study kemarin membuat kami sebagai siswa bisa dibilang lebih “enjoy dan asik”, karena sebelumnya ada beberapa siswa yang kurang berani untuk menyampaikan pendapatnya, tapi dari adanya kegiatan lesson study ini kami jadi berani untuk menyampaikan opini dan gagasan yang ingin disampaikan.

Lesson study juga menurut saya sangat efektif untuk dilakukan daripada kegiatan belajar mengajar yang monoton seperti sebelumnya yang justru malah membuat bosan. Materi yang sebenarnya adalah materi yang lumayan berat contohnya seperti “euthanasia” kemarin, tapi dapat kami pahami dengan sebaik baiknya dan dijadikan bahan perdebatan yang dapat mengumpulkan opini satu per satu siswa.
Berkualitas
Saya juga merasa dengan metode pembelajaran seperti itu lebih berkualitas karena tujuan pelajaran tersebut lebih difokuskan dan menjadi pusat perhatian di kelas. Selain itu juga menciptakan komunikasi yang baik antar guru dan murid serta teman sekelas, memberikan peluang untuk memecahkan suatu masalah bersama.*** (Ignas Iwan Waning)