SEKILAS INFO
17-06-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
19
Agu 2021
Kepala SMA Xaverius 1 Palembang: Menjadi Pendidik bagi Anak Generasi Z

“MENJADI pendidik cerdas dan cakap digital”, itulah tema dalam seminar nasional dengan menghadirkan 4 narasumber (Rabu, 18 Agustus 2021).  

Webinar yang dimulai pkl 09.00 dan berakhir pkl 12.00 WIB ini sebagai keynote speech-nya Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, S.Sos.

Basis IT

Ibu Kepala SMA Xaverius 1, Dra MM Estri Murwani, M.Si memaparkan secara menarik tentang budaya digital, tantangan dan peluang terutama bagi rekan guru. Budaya digital merupakan “hasil olah pikir, kreasi dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet”, tegas Ibu Estri.

Bagaimana menjadi pendidik bagi siswa generasi z? Inilah tantangan sekaligus peluang yang dikemukakan oleh pimpinan SMA Xaverius 1 di hadapan 1000-an peserta webinar yang sebagian besar diikuti para pendidik atau guru dan siswa-siswi SMA.

Tiga kunci yang penting dimiliki seorang pendidik zaman now yakni gunakan tekhnologi sebagai media pembelajaran, kenali karakteristik peserta didik, dan berdayakan siswa-siswi.

Oleh karena itu, hendaknya para pendidik “mengubah paradigma pembelajaran dan ketrampilan mengajar dengan pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif.”

Discovery learning

Michelle Sabrina, salah satu dari beberapa penanya dalam forum penting ini. Kepada salah seorang narasumber Michelle bertanya, “menurut saya discovery learning adalah salah satu metode yang menurut saya cukup menarik untuk diterapkan dalam melakukan pembelajaran di era digital sekarang, namun memiliki beberapa kendala. Bagaimana solusi untuk kendala-kendala tersebut dan cara paling efektif untuk melakukannya? Terima kasih”.

Atas pertanyaan Michelle tersebut, salah seorang narasumber memaparkan “penerapan metode belajar discovery learning tidak bisa dipaksakan untuk semua materi”.

Lanjut narasumber, ada 2 aspek penting yang harus dipertimbangkan jika ingin menggunakan metode discovery learning. Sebelum menggunakan metode ini pertama, kita harus mempertimbangkan apakah materi tersebut cocok untuk dibawakan menggunakan metode discovery learning.

Kedua, kita juga harus mempertimbangkan apakah peserta didik dapat mengikuti metode ini, karena setiap kelas memiliki cara belajarnya masing-masing untuk bisa belajar secara maksimal, maka tidak bisa kita gunakan metode yang sama untuk setiap kelas, papar narasumber.

Kuasai literasi

Bagi Michelle, hal-hal yang berkesan adalah materi-materi yang disampaikan merupakan hal-hal dasar yang kita ketahui, tetapi kita melupakannya. Kebanyakan poin yang dibagikan merupakan hal kecil yang menjadi kunci untuk kita dapat menguasai literasi digital dengan baik dan efektif.

“Saya juga mendapatkan rekomendasi-rekomendasi aplikasi yang bisa menunjang kegiatan pembelajaran dari sekolah maupun secara mandiri. Secara garis besar, webinar ini membuka mata saya lebih luas lagi mengenai literasi digital, terkhususnya etika yang harus diperhatikan ketika kita membagikan sesuati secara online”, tambah siswi kelas XII MIPA 8 ini.

Sangat relevan

Tidak jauh berbeda, Alicejoane Avrilantina Antonius memberikan kesan yang sangat positif. Bagi Avril, yang berkesan selama webinar tadi adalah para narasumber dan topik yang diangkat, karena para narasumbernya menurutku terlihat sangat paham dengan materi yang akan mereka sampaikan, sehingga apa yang mereka sampaikan mudah dimengerti dan enak didengar, topik yang diangkatpun selain menarik, juga sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Webinar kali ini membahas secara lengkap mengenai literasi digital, apa saja sih yang harus kita siapkan dan pahami dalam bermedia sosial seperti penggunaan media sosial, keamanan dalam bermedia sosial, etika media sosial, budaya, dan lainnya, sehingga kita bisa menjadi pengguna media sosial yang cakap dan cerdas, tulis siswi kelas XI MIPA 6 yang juga mendapat kesempatan untuk memberikan pertanyaan dalam webinar tentang literasi.

Webinar gerakan nasional literasi digital 2021 dengan semboyan makin cakap digital menghadiran sebagai keynote speech, H. Harnojoyo, selaku Walikota Palembang. Moderatornya Lovenia Viona Gultom.

Para narasumber webinar: Ninuk Wiliani, S.Si. M.Kom (Dosen dan Youth Education Observer); Uli Hartati Panggabean (Blogger, Content Creator), Dra. Maria Magdalena Estri Murwani, M.Si (Kepala SMA Xaverius 1 Palembang); dan Nur Aslamiah Supli, BIAM., M.Sc (Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya).*** (Ignas Iwan Waning)