SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
17
Agu 2021
HUT RI Ke 76, Pascal Rangga: Bangga Mengibarkan Bendera Merah Putih

SANGAT istimewa. Meskipun terkesan sederhana namun luar biasa peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76, Selasa (17 Agustus 2021) di halaman dalam SMA Xaverius 1 Palembang, mulai pkl 08.00 WIB.

Tidak biasa

Keistimewaan tersebut adalah diluar kebiasaan. Biasanya upacara di lapangan bola, belakang gedung, kini dilaksanakan di halaman tengah. Biasanya petugasnya para guru, kini para petugasnya para pegawai-karyawan, staf kantor TU SMA Xaverius 1.

Para karyawan yang bertugas, misalnya sebagai pembaca urutan acara, pembaca teks Proklamasi, teks Pembukaan UUD 1945, pembaca doa, pembawa teks Pancasila. Selain mereka, ada 4 siswa yang membantu sebagai pemimpin atau komandan upacara, dan 3 siswa sebagai pengibar bendera merah putih.

Kepala SMA Xaverius 1, Ibu Estri selaku pembina dalam upacara bendera HUT RI ke 76 ini. Upacara ini dihadiri sebagian kecil guru dan karyawan. Sebagian besar warga sekolah (guru dan karyawan) dapat menyaksikan secara live streaming dari kediamannya masing-masing.

Pascal Rangga, selaku komandan upacara bendera HUT RI ke 76 di halaman sekolah

Haru dan bangga

Selaku pemimpin upacara Pascal Rangga Prasetya mengatakan “Upacara yang telah saya jalani memberikan kesan haru dan rasa bangga yang luar biasa, mengingat ini adalah kali terakhir bagi saya bersama saudara-saudara PAKAXA dalam mengibarkan bendera merah putih pada HUT RI ke-76.”

Ketua kelas XII MIPA 6 ini melanjutkan “Ini merupakan tugas terakhir saya sebagai Komandan PAKAXA SMA Xaverius 1 Palembang dalam memimpin jalannya upacara bendera. Pelayanan yang kami lakukan selama 3 tahun di SMA kita tercinta telah berada pada puncaknya. Rasa ini tidak akan pernah saya lupakan”, tutur putra pertama dari dua bersaudara ini.

“Hal membanggakan yang saya rasakan adalah ketika saya memilki kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-76. Sekaligus menjadi tugas terakhir saya sebagai pemimpin upacara di SMA Xaverius 1 Palembang”, tulis Pascal yang bercita-cita menjadi pilot TNI AU ini.

Singkat: H-1

Saat ditanya tentang persiapan dan kendalam sebelum tampil, menurut Pascal, “Persiapan yang kami lakukan tergolong sangat singkat dan dilakukan pada H-1 pengibaran bendera. Persiapan kami cukup matang, hanya saja kami menemukan beberapa kendala khususnya aturan-aturan pengibaran yang telah lama tidak kami lakukan. Mengingat sudah lebih dari 1 tahun kami tidak menjalani upacara bendera karena dampak pandemi Covid-19.”

Idris, Parulian dan Aqil petugas pengibar bendera merah putih

Pascal tidak seorang diri dalam menjalan tugas upacara bendera hari ini. Tiga teman lainnya bertugas sebagai pengibar bendera merah putih: Muhammad Idris Syahputra (XII MIPA 3); Parulian Daniel Sinurat (XII MIPA 3); dan Muhammad Aqil Albani (XII MIPA 4).

Nasionalisme

Kepada segenap warga sekolah, Pascal yang hobi membaca buku dan editing foto berpesan, “untuk warga sekolah dengan perayaan kemerdekaan ini adalah agar kita sekalian warga sekolah SMA Xaverius 1 Palembang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme yang telah diwariskan kepada kita lewat perjuangan-perjuangan para pahlawan.

Hal itu kita bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti mengikuti upacara bendera. Meskipun di masa pandemi, saya rasa bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian tetap memiliki kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, pandemi ini tidak menjadi halangan bagi kita untuk tetap memupuk rasa nasionalisme kemerdakaan, ujar pria kelahiran Palembang, 10 April 2004 ini.*** (Ignas Iwan Waning)