SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 11 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
9
Agu 2021
Ekstrakurikuler di Masa Pandemi

“ALASAN saya memilih ekskul Bantara dan Pakaxa untuk melatih kedisiplinan, tanggung jawab, kasih sayang antar sesama dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan”, kata Deni Fernando Pinem.

Menurut Angelica Civitadei ketertarikannya mengikuti ekskul Band karena “memang dari kecil sangat suka bernyanyi dan bermain piano , dan sangat sering ikut perlombaan.”

Rumah kedua

Bagi Deni, siswa kelas XII MIPA 7, setelah mengikuti ekstra Bantara banyak nilai yang didapatkan. Deni menguraikan, misalnya nilai kerja sama. Setiap aktivitas ekskul Bantara memastikan setiap anggota dilatih untuk bekerja sama.

Selain kerja sama, dalam ekskul Bantara ditekankan nilai menghormati dan menghargai. Hal ini sering dilakukan ketika rapat untuk melaksanakan kegiatan. Oleh karena itu semua orang berhak berpendapat dan saya sebagai anggota wajib untuk menghormati dan menghargai pendapat anggota lain yang bertujuan untuk kebaikan bersama, tegas Deni.

Nilai kekeluargaan dalam Bantara sungguh dirasakan oleh segenap anggota ekskul Bantara. Setiap anggota Bantara memiliki jalinan persaudaraan yang erat dan di bantara juga diajarkan bahwa kekeluargaan itu sangat penting. Bagi segenap anggota Bantara merasakan bahwa Bantara bukan hanya sebuah organisasi tetapi juga rumah kedua untuk anggotanya.

Grup Band Civi dan teman-temanya (Foto-foto yang ditampilkan ini adalah foto yang terjadi sebelum masa pandemi covid-19).

Ketertarikan Civitadei, siswi kelas XI IPS 1 ini mengikuti ekskul Band selain suka bernyanyi juga kesenangan mengikuti lomba. Civi mengakui “sejak SMP memang sudah ikut Band dan sering lomba”.

Mariah Carey adalah artis idola Civi. Maka keinginan Civi mengikuti ekskul Band agar Civi bisa menyalurkan bakat dan sejauh dapat saling berbagi (sharing) dalam mengaransemen lagu.

Agar hobi Civi bisa menjadi profesional maka “Civi terus mengasah kemampuan menguasai semua tehnik yang dikuasai idola Civi tersebut seperti whistle voice, tambah Civi.

Secara daring

Mulai Kamis, 19 Agustus 2021, SMA Xaverius 1 melangsungkan kegiatan ekstrakurikuler secara daring. Kegiatan ini diselenggarakan setelah KBM setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu.

21 jenis ekstrakurikuler yang diperbolehkan selama masa pandemi ini. Ekstra Pramuka merupakan ekstra wajib bagi kelas X.

Selain ekstrakurikuler Pramuka juga ada ekstrakurikuler Pramuka Inti/ Bantara, English Club, Komputer Analisis, Drama/ Teater, Jurnalistik dan Majalah Gita, Fotografi, Foot Combining, Art Design, Tari Nusantara, dan E-Sport.

Selain itu, tersedia ekstrakurikuler berdasarkan kegemaran, misalnya gemar: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian, dan Akuntansi. *** (Ignas Iwan Waning)