SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
18
Jun 2022
Dra Lily Kohar, M.Si: SMA Xaverius 1 Palembang Mampu Mencetak Generasi Muda yang Handal dan Berkarakter.

MULAI Juli 2022, secara resmi Ibu Lily Kohar, M.Si tidak lagi berkarya di SMA Xaverius 1 Palembang sebagai pengajar dan pendidik. Dalam tulisan singkat ini, Ibu Lily yang telah mengabdikan dirinya selama 32 tahun sebagai guru Biologi hendak mengungkapkan kesan dan harapannya.

Bagi Ibu Lily, hal apa saja yang berkesan selama berkarya di SMA Xaverius 1 Bangau?

Pertama, saya dapat mengembangkan kompetensi diri baik pengetahuan maupun pengembangan karakter menjadi orang yang bertanggung jawab bagi diri sendiri dan orang lain.

Kedua, saya bisa strata 2 (S2) karena sekolah yang mengajukan saya dan beberapa teman untuk mendapatkan beasiswa dari Diknas Provinsi Sumatera Selatan.

Ketiga, saya juga diajukan oleh sekolah untuk ikut serta dalam program Bridge yang merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Australia. Dalam program ini saya diikutsertakan ke Australia selama 3 Minggu dalam pertukaran guru di Australia.

Keempat, saya juga berterimakasih dengan sekolah yang mempercayai saya ikut lomba media pembelajaran tingkat provinsi. Saat lomba tersebut saya menjadi juara 1 pada tahun 2010.

Bagi saya yang sangat berkesan dalam lomba akademik yakni saya terus termotivasi dan terus memacu saya karena ada kata-kata dari guru-guru yang ikut lomba bahwa wajar kalau dapat juara 1 karena murid-muridnya juara semua.

Kata-kata ini yang memacu saya untuk terus belajar agar tidak malu karena katanya muridnya pintar pasti gurunya juga pintar. Itulah anggapan semua orang, maka mereka mengatakan wajar kalau saya dapat juara 1.

Ibu Lily Kohar, M.Si bersama siswa-siswi kelas XII MIPA 8

Pada saat itu terbesit dihati saya untung saya menang, kalau kalah alangkah malunya karena dibandingkan dengan siswanya yang selalu berprestasi.

Kelima, saya juga berterimakasih telah dipercaya sebagai pembimbing olimpiade biologi sampai tahun 2018.

Sesungguhnya, masih banyak hal berkesan yang tidak bisa saya ungkapkan karena sekolah ini betul-betul memberikan kenangan indah selama berkarya di SMA Xaverius 1. Hal yang sama dengan siswanya, terutama dibawah tahun 2016 yang sangat antusias untuk berlomba dan mengembangkan diri. Hal inilah yang memacu saya untuk terus belajar agar tidak kalah dalam berkompetisi.

Apa saja harapan Ibu Lily untuk kemajuan SMA Xaverius 1 Bangau?

Pertama, untuk guru- gurunya

Berikan yang terbaik untuk sekolah. Hal ini bukan untuk mencari nama tapi untuk menunjukkan kompetensi diri.

Selain itu selalu kembangkan kemampuan diri agar kita tidak tertinggal dengan kemajuan zaman. Lagi, hadapilah siswa dengan kasih. Dengan kasih yang tulus kita dapat membimbing dan mendidik siswa agar bisa berprestasi.

Akhirnya, siswa-siswi kita bisa berkompetensi pada saat mereka masuk dalam dunia kerja serta mengembangkan karakter siswa yang baik agar bisa menunjang impian, harapan dan cita-citanya.

Kedua, SMA Xaverius 1 tetap dapat menjadi sekolah unggulan di Palembang. SMA ini menjadi pilihan orangtua dalam menyekolahkan putra dan putrinya.

Oleh karena itu, mari kita semua bersatu padu untuk tetap mempertahankan prestasi SMA Xaverius 1 Palembang. Dengan demikian SMA ini bisa menjadi sekolah yang tetap unggul dan dipilih oleh orang tua yang mempercayakan pendidikan anaknya di sekolah kita. Mereka yakin sekolah ini mampu mencetak generasi muda yang handal dan berkarakter.

Kedua untuk siswa

Mari kita kembangkan potensi diri baik karakter maupun pengetahuan. Dengan demikian kita dapat menjadi yang terbaik minimal untuk diri kita sendiri dan untuk orang lain terutama dalam menggapai cita-cita agar tercapai dan menjadi orang yang sukses.

Identitas diri:

  • Nama: Dra. Lily Kohar, M.Si
  • Tempat, tanggal lahir: Palembang, 19 Desember 1966
  • Mulai mengajar di SMA Xaverius 1 Bangau: tahun 1989

(Ignas Iwan Waning)