SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
9
Agu 2022
Dr Richard Lee: SMA Xaverius 1 Titik Balik Hidup Saya

PAGI ini, Selasa (9 Agustus 2022) Dr Richard Lee datang ke SMA Xaverius 1 Palembang. Ia datang bersama rombongan termasuk tim kameramennya.

Tidak sedikit warga sekolah (guru-karyawan dan peserta didik) sudah mengenal dokter yang bergelut dalam bisnis klinik kecantikan ini melalui media sosial.

Lampu kecil

“Hai adik-adik semua” sapanya ketika sejenak masuk kelas XII MIPA 6 sekitar pkl 10.00 WIB. “Jangan ragu-ragu bercita-cita menjadi dokter”, ajak Dr Richard Lee. Tampak sejumlah siswa-siswi antusias menyambutnya, rupanya Dr Richard Lee sudah viral karena kebolehannya.

“Jadilah lampu kecil yang terus bersinar”, ajak Dr Richard Lee bagi siswa-siswi di kelas yang dikunjunginya.

“Saya datang ke sini [SMA Xaverius 1] hanya untuk jalan-jalan dan temu sapa” katanya kepada para guru yang sedang berkumpul di ruang guru. Saat itu, para guru sedang istirahat. Kesempatan itu, rekan-rekan guru tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk foto bersama.

Baca juga: Alumni Angkatan 83, Ibu Maphilinda: 18 Tips yang Disukai Dalam Pergaulan

Saya masuk SMA Bangau sejak tahun 2000 dan tamat tahun 2003. “Saya alumni 2003”, katanya.

Pemilik 23 klinik kecantikan yang tersebar di beberapa kota besar (Medan, Palembang, Lampung, Jakarta hingga Makasar dan kota lain di Indonesia ini) mengatakan, “Saya hampir tidak naik kelas saat SD, dulu”.

Percaya diri

Namun, titik balik saya justru di SMA Xaverius 1 ini. “Saat itu, guru Matematika saya, Pak Sahala mengatakan: saya tidak akan memberikan nilai 10 bagi siswa-siswi di rapor. Kecuali jika siswa tersebut sangat hebat. Richard Lee dan seorang kawannya mendapat nilai 10 bidang Matematika di rapor”. Hal inilah yang luar biasa dirasakan Dr Richard Lee.

Pengalaman itulah merupakan “titik balik bagi hidup saya”, kenang Dr Richard Lee di hadapan para guru yang sedang berkumpul di ruang guru, siang tadi.

Dari kiri ke kanan, Bapak Didiek (guru dari Dr Richard Lee saat SD), Dr Lee dan Bapak Yoseph Widodo (Foto: Ibu Shania)

“Nilai 10 sangat berarti bagi saya. Nilai 10 tidak menjadi pecundang bagi saya. Nilai 10 memberikan saya rasa percaya diri”, kenang Dr Richard Lee yang tidak masuk 10 besar apalagi rangking 1 saat SMA.

Spesial buat guru

Tanggal 4 September 2022 mendatang merupakan ulang tahun ke 9 Klinik Kecantikan Athena Palembang. Klinik ini merupakan klinik kecantikan ke 3 terbesar di Indonesia, jelas Dr Richard Lee.

Konser musik dengan mendatangkan artis terkenal dalam rangka merayakan ulang tahun ke 9 Athena (pusat terbesar) di Palembang (4 September). Untuk acara konser tersebut saya mengundang “Spesial guru-guru saya”, ajak Dr Richard Lee.*** (Ignas Iwan Waning)