SEKILAS INFO
27-01-2023
  • 2 minggu yang lalu / Peserta TES I PPDB 2023 Yang Diterima Untuk Jadwal Wawancara dan Penyerahana Berkas pada : Senin, 16 Januari 2023 mulai Pukul 14.00 s.d. 16.00 WIB
15
Nov 2022
Ibu Linda: Bangsa yang Besar Tidak Melupakan Jasa Para Pahlawan

KAMIS, 10 November 2022 adalah hari Pahlawan. Dalam rangka memperingati hari Pahlawan tersebut, semua peserta didik dan guru mengikuti upacara bendera di lapangan sepak bola SMA Xaverius 1 Palembang.

Semua peserta dan petugas upacara bendera mengikuti dengan tertib dan baik. Semuanya berjalan dengan lancar.

Guru mata pelajaran Sejarah sekaligus wali kelas XII IPS 2, Ibu Ermelinda Elita Siswaningsih, S.Pd, biasa disapa Ibu Linda, sebagai pembina upacara. Selain itu para petugas lainnya adalah siswa atau siswi yang sudah terlatih. Mereka adalah para petugas paduan suara, pemimpin upacara, pengibar bendera, pembaca doa dan protokol serta pembawa teks Pancasila.

Dalam amanat singkat, sekitar 7 menitan, Ibu Linda sekilas memaparkan latar belakang lahirnya hari Pahlawan di Surabaya, 10 November 1945, silam. Peristiwa itu biasa disebut Pertempuran arek-arek Surabaya.

Para Pahlawan berbekal peralatan sederhana (batu, bambu runcing) mampu mengusir para penjajah asing. Dengan segala pengorbanan, semangat pantang menyerah dan tanpa putus asa, para Pahlawan berjuang untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia.

3 G dan 3 B

Para penjajah memegang kuat semboyan dalam merebut wilayah jajahan. Semboyan yang terkenal Gold, Glory, and Gospel (3 G).

Pada bagian akhir amanatnya, Ibu Linda berharap agar kita tidak boleh melupakan jasa para Pahlawan. Secara khusus kepada semua peserta didik, guru Sejarah ini berharap agar meneruskan perjuangan dengan belajar, berusaha, dan berdoa (3 B).

Menghidupi semangat kepahlawan pada masa kini dengan sikap baik, mandiri dan penuh rasa tanggung jawab, tutup Ibu Linda dalam amanatnya.

Seusai upacara bendera, dalam perjalanan menuju ruang guru, persis di teras lantai dasar dekat ruang koperasi sekolah, Ibu Lilian mengatakan kepada saya upacara pagi ini “Linda banget dan bermakna”.*** (Ignas)

 

Agenda

27 Januari
waktu : 0800

Imlek Bersama

13 Februari
18 Februari
waktu : 07:00

Isra Mi’raj