SEKILAS INFO
14-07-2024
  • 1 tahun yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
2
Jun 2022
Agar Nilai Ulangan, PAS bisa Maksimal: Konsep The Forgetting Curve

ULANGAN atau ujian setiap mata pelajaran pasti dilakukan setiap guru mapel. Penilaian Akhir Semester (PAS) dilakukan untuk memetakan ketercapaian hasil belajar bagi peserta didik.

Bapak ibu guru melakukan penilaian bagi peserta didik untuk mengetahui ketercapaian aspek konsep dan keterampilan setiap mapel yang diajarkan. Selain itu, segi sikap peserta didik tidak luput dari perhatian dari para gurunya. Maka sebaiknya setiap peserta didik hendaknya menyelesaikan tugas, latihan atau ulangan yang diberikan. Penilaian tersebut baik harian, bulanan, tribulan maupun semesteran.

Berikut, trik yang dibagikan oleh Natasya, Yoan dan Clea agar saat ulangan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Natasya Chandra / XI MIPA 6: Menulis sambil menghafal

Persiapan yang baik pasti dilakukan sebelum ulangan atau ujian. Persiapan yang pertama adalah berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran selama ulangan dan hasil yang memuaskan.

Kedua, biasanya Natasya review materi yang telah diberikan. Natasya pribadi lebih suka dengan metode bikin rangkuman dari materi materi tersebut, dan selama Natasya menulis juga disambili dengan hafalan.

Untuk soal hitung-hitungan seperti matematika, fisika, ekonomi, dll, kalau ada rumus berusaha untuk hafalkan rumus di luar kepala. Yang tidak kalah pentingnya Natasya belajar untuk lebih teliti saat mengerjakan soal.

Ketiga, saya percaya usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi semakin giat kita belajar, hasil yang didapat semakin baik. Sedangkan jika kita belajar seadanya saja, hasil yg diterima juga kurang maksimal.

Yoan, memperhatikan guru saat mengajar.

Yoan Suanny The / XI MIPA 3: rajin latihan soal

Menurut pengalaman saya, saat pelajaran di kelas kita harus memperhatikan guru, apalagi jurusan MIPA yang sangat banyak hitungan. Materi yang banyak hitungan kalau hanya dengan membaca tidak mungkin dapat dimengerti atau dipahami, karena MIPA merupakan pemahaman konsep.

Maka dari itu, selama pembelajaran di kelas kita harus memperhatikan guru, lalu mempelajari kisi-kisi yang diberikan guru. Jangan lupa tekun melakukan latihan soal.

Clea Princessa Justine / XI MIPA 3: perlu review berkala

Menurut saya, cara paling efektif adalah mengulang. Contohnya adalah mencatat ulang pelajaran dari guru, mengerjakan soal yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya, dan metode lainnya yang bisa membantu kita mengingat materi yang ada dalam kisi-kisi ujian nanti.

Clea bersama teman-temannya. Bagi Clea penting mengulang kembalu suatu pelajaran.

Saya mempelajari ini dari konsep bernama The Forgetting Curve, yang memberi jangka waktu yang tepat bagi kita untuk mengulang suatu pelajaran agar kita mengingatnya untuk waktu yang lebih lama.

Konon, kita hanya akan mengingat 10-15% dari pelajaran apabila kita tidak mengulangnya. Oleh karena itu, diperlukan review berkala. *** (Ignas Iwan Waning)