SEKILAS INFO
14-04-2024
  • 10 bulan yang lalu / PPDB Jalur TES dibuka Maret 2024  s.d. Mei 2024. Melalui website : ppdb.smaxaverius1.sch.id INFO lebih jelas bisa di lihat di menu Info PPDB diatas.
3
Jun 2022
Agar Nilai Ujian Bisa Maksimal, Percikan Pengalaman Fricillia dan Civi

BANYAK trik atau cara agar hasil ujian bisa maksimal. Sekurang-kurangnya harus ada persiapan yang baik, mengerjakan latihan soal dan rutin belajar.

Pengalaman inilah yang akan dibagikan oleh Fricillia dan Civi dalam tulisan ini berdasarkan hasil wawancara singkat dengan mereka.  

Fricillia Clara / XI MIPA 6: bangun pagi

Terima kasih Pak sebelumnya atas kesempatan untuk berbagi pengalaman ini. Jadi menurut saya sendiri yang saya ambil dari pengalaman saya, hal terpenting agar nilai ujian atau ulangan bisa maksimal ialah dengan mempersiapkan diri sebelum ujian.

Fricillia selalu meraih nilai terbaik di kelasnya berkat ketekunan dalam belajar

Ini yang saya lakukan setiap ada ujian, saya sendiri orangnya harus mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum ujian karena saya takut tidak terkejar dengan materi yang super banyak walaupun terkadang saya masih menerapkan SKS (sistem kebut semalam) jika terpaksa.

Mengumpulkan kembali materi

Seperti libur ini saja, saya memanfaatkan waktu untuk mencoba mengumpulkan kembali materi-materi yang akan diujikan saat UKK (ujian kenaikan kelas) nanti agar saat pelaksanaan UKK saya tidak perlu repot-repot untuk mencari materi dari HP.

Saya juga tipe orang yang harus memegang kertas jadi saya harus print semua materi agar saya ada pegangan untuk belajar.

Lalu yang terpenting adalah latihan soal, terutama untuk soal-soal hitungan seperti matematika, fisika, kimia. Saya biasanya akan latihan soal sebanyak-banyaknya agar saya tahu bagaimana menyelesaikan berbagai tipe soal yang ada.

Peserta ujian semester genap, hari pertama (Jumat, 3 Juni 2022)

Saya juga orangnya pelupa jadi saya sadar diri untuk terus mengulang-ulang materi yang saya hapalkan. Misalnya saya akan mulai belajar siang/malam lalu besok paginya saya akan bangun pagi sekitar jam 3 atau jam 4 untuk mengulang apa yang sudah saya pelajari sampai benar-benar yakin.

Mudah tergoda

Lalu yang terpenting juga ialah jangan sampai terdistraksi dengan HP atau apapun itu yang dapat mengganggu belajar. Saya orangnya sebenarnya sangat mudah tergoda akan HP tetapi saya usahakan dan memaksakan diri saya untuk coba mengalihkan godaan itu ke belajar lagi.

Dan yang terakhir ialah berdoa saja sih. Berdoa dan pasrah kepada Tuhan, yang penting sudah usaha belajar dan mempersiapkan diri itu sudah lebih dari cukup.

Untuk hasilnya ya pasrah saja hehe yang penting sudah berusaha yang terbaik. Mungkin itu saja Pak Ignas dari saya, terima kasih Pak.

Civitadei / XI IPS 1: belajar secara rutin

Berdasarkan pendapat Civi, cara agar nilai ujian dapat maksimal adalah dengan belajar secara rutin.

Mendalami materi

Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh lagi terkhusus saat sudah mendekati minggu ulangan. Contohnya, saat kita mengetahui ujian dilaksanakan awal Juni, kita sudah mulai belajar (membaca materi, mengulangi materi, dan memperdalam materi) sejak 2 minggu sebelumnya.

Civi yang bercita-cita menjadi praktisi hukum, sejauh pengalaman selama ini selalu mendapat nilai terbaik di kelasnya.

Semua hal itu Civi lakukan sehingga saat akan ujian, kita sudah lebih siap dan tinggal me-review ulang sedikit saja, dan terasa lebih santai saat ulangan.*** Ignas Iwan Waning